Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemilau Nusantara Ke-9 Siap Diikuti 20 Provinsi dan 21 Kabupaten/Kota

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1589A4.jpg

     

    Kemilau Nusantara Ke-9 yang akan digelar 5-7 Oktober 2012, akan diikuti 20 Provinsi dan 21 kab-kota se-Jabar. Pelaksanaan Kemilau Nusantara ini tepatnya  di Jl. Diponegoro (depan Gedung Sate), Kota Bandung.  Tahun ini, Kemilau Nusantara yang bertemakan  “Gemerlap Budaya Nusantara” ini selain menampilkan helaran seni budaya provinsi dan kabupaten kota se-Jabar juga pameran dan lomba foto.
     
    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Drs. Nunung Sobari dalam siaran pers yang diterima jabarprov.go.id  mengatakan target peserta sudah terpenuhi sebanyak 20 provinsi akan ikut menyemarakkan kemilau tahun ini. “Sebelumnya memang kita menargetkan peserta yaitu 20 provinsi dan kini sudah tercapai. Pendaftaran untuk peserta telah ditutup sejak minggu kemarin baik itu provinsi maupun peserta dari kabupaten kota,” paparnya.    
     
    Berikut nama peserta provinsi, Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat.
     
    Sedangkan untuk Kab-Kota di Jawa Barat Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Karawang, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Banjar dan Kota Bekasi.   
     
    Dengan ditetapkannya tahun 2009 sebagai tahun Indonesia Kreatif, dimana seni budaya diharapkan dapat menjadi salah satu tiang penyangga ekonomi kreatif, sangat tepat jika berbagai hasil ungkapan kreatifitas anak bangsa itu ditampilkan dalam suatu pergelaran berupa karnaval atau pawai budaya dalam helaran Kemilau Nusantara 2012.
     
    “Helaran massal ini akan menampilkan kekayaan berbagai bentuk ungkapan seni budaya yang dimiliki berbagai provinsi di Indonesia ditambah penampilan seni budaya dari 26 kota/kabupaten se-Jawa Barat, baik berupa tari, musik, teater, pakaian khas yang diramu sedemikian rupa sehingga menjadi tontonan yang menarik.
     
    Selain helaran,  Kemilau Nusantara  juga akan menampilkan berbagai produk unggulan, kuliner, kerajinan, informasi pariiwisata serta lomba foto dengan objek-objek yang ada di helaran Kemilau Nusantara.  “Helaran dan produk-produk ini tidak hanya dari kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat saja, tapi juga beberapa provinsi dan peserta dari luar negeri akan ada yang ikut serta. Untuk jumlah peserta, hingga saat ini belum final sehingga belum bisa dipublikasikan,” tambahnya.
     
    Diharapkan, dengan adanya Kemilau Nusantara tahun ini bisa memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai cultural bagi masyarakat agar dapat menghargai warisan budayanya. Juga untuk menumbuhkan sikap saling mengenal, memahami, menghargai potensi-potensi keragaman seni budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan juga akan memberikan alternative model bagi industry budaya dan pariwisata yang pada gilirannya dapat menjadi even tahunan dan mendatangkan devisa Negara,” tambahnya. 
     
    Tema helaran Kemilau Nusantara ini, jelas  mengandung arti beranekaragamnya seni budaya nusantara, dimana masing-masing daerah memiliki keindahan yang mandiri, namun keindahan itu apabila disatu padukan antara satu dengan yang lainnya akan mampu menghadirkan keindahan dan kesemarakan yang gemerlap bagaikan rangkaian batu permata.
     
    Rencananya helaran Kemilau Nusantara tahun ini akan dilaksanakan Sabtu 6 Okober 2012, pada pagi hari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.  Sedangkan, pameran 5-7 Oktober 2012, di sekitar area Gedung Sate pukul 10.00-21.00 WIB.  Sedangkan lomba foto dilaksanakan 6 Oktober dari pagi hingga malam hari.    
     
    Pada pelaksanaan Kemilau Nusantara tahun lalu, ujar Nunung untuk helaran tingkat provinsi juara pertama direbut Provinsi Jawa Timur, Provinsi Papua (Ke-2), Provinsi Jawa Barat (Ke-3). Helaran tingkat kota/kabupaten juara pertama direbut Kabupaten Purwakarta, Kota Bogor (Ke-2), Kabupaten Tasikmalaya (Ke-3). Pameran/Stand terbaik kabupaten/kota di Jabar, ditempati Kota Cirebon (terbaik pertama), Kota Bogor (terbaik kedua), Kabupaten Cirebon (terbaik ketiga). Sedangkan Pameran/Stand terbaik tingkat provinsi ditempati Kalimantan Timur (terbaik pertama), Sulawesi Tenggara (terbaik kedua), Kalimantan Tengah (terbaik ketiga). (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus