Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013 Disepakati

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_4663.jpg

     

    BANDUNG-Sejalan dengan persiapan pembahasan RAPBD Provinsi tahun 2013, Rabu, (10/10)  telah disepakati  Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013. Kesepakatan tersebut, dilaksanakan dalam rapat tertutup yang berlangsung di Ruang Ban-Gar DPRD Jabar, (10/10).
     
    Dalam rapat tersebut, langsung dihadiri Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara, para pimpinan DPRD Jabar, serta para  anggota Ban-Gar DPRD Jabar.
     
    Terkait dengan proses kesepakatan Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, Kepala Bappeda Jabar, Deny Djuanda dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id mengungkapkan sejalan proses persetujuan kesepakatan atas Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, juga diungkapkan ikhtisar baru komponen Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013.
     
    Salah satu ikhtisar baru, adalah anggaran untuk persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi tahun 2014, di Kabupaten Bekasi. Untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan tersebut, dukungan dana dari APBD Provinsi untuk memfasilitasi infrastruktur sarana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut.
     
    Deny, lebih lanjut memaparkan hal-hal yang berkembang dalam pembahasan Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, diakui ada defisit diperkirakan mencapai Rp. 1 triliun. Namun, sejalan dengan proyeksi sumber-sumber keuangan, potensi defisit dapat tertutupi.
     
    Selanjutnya, untuk dana tambahan, jika Pemilukada Gubernur/Wagub Jabar harus berlangsung 2 putaran, yang diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp.300 miliar, alokasi dana tersebut sudah disiapkan karena merupakan kebutuhan pertama. Pengalokasian dana tersebut, tidak mengganggu atau mengurangi dana dari pos-pos dana sektor lain.
     
    Sejalan dengan penetapan kesepakatan Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, alokasi dana untuk pendidikan 20%, alokasi dana kesehatan 20%, alokasi perekonomian rakyat 10% dan alokasi dana untuk pembangunan infrastruktur 10% dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
     
    Sementara itu, dalam proses penetaan kesepakatan Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, untuk volume RAPBD Provinsi Jabar tahun 2013 mencapai Rp.12 triliun di luar dana BOS . Diperkirakan dalam pembahasan akhir RAPBD Provinsi Jabar volume tersebut dapat mencapai Rp.16 triliun.
     
    Di sisi lain, Anggota Ban-Gar DPRD Jabar, Deden Darmansyah dalam keterangannya secara terpisah membenarkan potensi defisit anggaran dalam RAPBD Provinsi Jabar tahun 2013. Menurutnya, defisit anggaran mencapai Rp.950 miliar dan angka tersebut bertambah karena harus disiapkan dana fasilitasi untuk Pekan Olahraga Provinsi, jumlah angka defisit bisa bertambah mencapai Rp1.2 triliun.
     
    Oleh karenanya, dalam tahapan pembahasan Kebijakan Umum RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2013, pihak Ban-Gar DPRD Jabar meminta kepada pihak TAPD memperinci peluang-peluang dana yang memungkinkan dapat menutupi defisit anggaran. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus