Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jawa Barat Miliki Potensi Panas Bumi Terbesar di Indonesia

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/panasbumi.jpg
    Sumber: ebtke.esdm.go.id

    BANDUNG – Wilayah Jawa Barat, memiliki potensi panas bumi terbesar di Indonesia, yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi atau Geo Termal. Menurut Kapala Badan Geologi Kementerian ESDM, DR. Sukhyar, dari total potensi panas bumi di Indonesia sebesar 29.000 MW, sebagian besarnya ada di Jawa Barat sebesar 5.500 MW.

    “Jawa Barat potensinya sangat besar, yang telah kita petakan kurang lebih ada 5.500 mega watt potensi panas bumi untuk pembangkit listrik di Jawa Barat ini. Yang sekarang sudah dimanfaatkan baru 1.229 mega watt” katanya, Jumat (2/11).

    Namun demikian menurut Sukhyar, pengembangan tenaga alam panas bumi untuk listrik itu tidak semudah yang dikira. Sukhyar menyebutkan, sedikitnya ada dua pertimbangan, yaitu investor dan pembeli.

    “Kalau pembeli sudah jelas hanya PLN yang ada sekarang, nah kalau bicara investor, tentu saja kita harus mencari investor yang benar-benar mau menanamkan investasinya di bidang panas bumi. Investasi panas bumi memang terbilang cukup mahal” ujarnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus