Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPK Jabar: Jangan Salah Artikan WTP

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_4957-bf.jpg

    BANDUNG – Badan Pemerkisa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat menghimbau pada masyarakat dan pemerintah daerah agar jangan salah artikan arti dari Opini BPK yang bernama Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Hal itu diungkapkan Kepala Sub Auditoriat BPK Perwakilan Jawa Barat Emmy Mutiarini, dalam Workshop LKPD bersama para jurnalis di kantor BPK Perwakilan Jawa Barat Jl Mohammad Toha Bandung, Selasa (20/11).

    “Opini WTP itu sifatnya hanya penilaian administratif. Jika LKPD itu memenuhi syararat-syarat administratif sesuai sistem laporan keuangan pemerintah daerah yang sudah diatur dalam undang-undang, dan tidak ada kesalahan dalam perhitungan, maka opininya WTP”.

    Namun menurut Emmy, WTP tidak berarti juga bahwa tidak ada masalah, atau indikasi kesalahan anggaran. Kemungkinan itu bisa saja terjadi dalam LKPD yang diberikan opini WTP.

    “Indikasi kesalahan perhitungan mungkin saja terjadi, tetapi kesalahannya kami anggap tidak terlalu bedampak serius atau berdampak luas terhadap pembangunan daerah” ujar Emmy.

    Emmy juga menegaskan bahwa BPK memiliki kewenangan melaporkan indikasi penyimpangan dari LKPD itu ke aparat berwajib untuk ditindak lanjuti. Tanpa menyebutkan nama daerah, menurut Emmy, ada 6 daerah di Jawa Barat yang sudah dilaporkan ke pihak berwajib oleh BPK karena dalam LKPD nya ada indikasi penyimpangan.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus