Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Puskesmas Harus Mampu Deteksi Dini Kasus HIV/ AIDS

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/3AIS.jpg

     

    BANDUNG- Penyebaran kasus HIV/ AIDS, saat ini tidak hanya terjadi pada hubungan seks antara laki-laki dan perempuan serta penggunaan jarum suntik saja, tapi juga bisa ditularkan dari ibu yang positif HIV kepada anaknya yang masih balita. Demikian dikemukakan Sekretaris 1 Tim HIV/ AIDS Manager Klinik Teratai RSHS Bandung, Nirmala Kesumah.
     
    Oleh karenya menurut Nirmala, untuk mengantisipasi kasus tersebut setiap Puskesmas yang ada di seluruh daerah diharapkan bisa melakukan deteksi dini terhadap penyebaran dan penularan HIV terhadap pasien yang datang berobat.
     
    “Petugas kesehatan di setiap puskesmas harus berani menawarkan tes maupun pemeriksaan terhadap ibu hamil yang melakukan pemeriksaan, setiap pemeriksaan antenatal care tawarkan tes,” ujar Nirmala, kepada wartawan yang berkunjung ke Klinik Teratai RSHS Bandung, Rabu (19/12).
     
    Nirmala mengatakan, selain ibu hamil petugas juga harus memeriksa terhadap pasien yang memiliki penyakit tertentu yang tidak kunjung sembuh meski telah diobati berkali-kali.
     
    “Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai dan perlu dilakukan tes, seperti penyakit TB atau jamur mulut,” ucap Nirmala. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus