Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenaikan Harga Beras Sudah Diantisipasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kenaikan-Harga-Beras-Sudah-Diantisipasi.jpg

     

    BANDUNG- Diakui, harga beras saat ini di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Pemerintah sudah merespon hal tersebut. Kini menyikapi harga beras sudah diantisipasi, ungkap Kadis Perindag Jabar, Ferry Sofwan Arif dalam keterangannya kepada wartawan (3/1).
     
    Ferry, lebih lanjut memaparkan dalam kurun waktu beberapa pekan ini harga beras diakui mengalami kenaikan, diantaranya di Cianjur dan Purwakarta. Berdasarkan pemantauan ke pasar, tercatat kenaikan harga beras ada di 5 pasar, dengan kisaran kenaikan harga seperti beras medium  dari Rp.8.000,- per Kg menjadi Rp. 8.500,- per Kg . Dengan temuan tersebut, Pemerintah Pusat cq Kemendag bersama pemerintah di daerah baik Provinsi maupun Kota/Kabupaten siap mengantisipasi gejolak kenaikan harga tersebut.
     
    Salah satu langkah antisipasi, sudah dilaksanakan 2 bulan yang lalu, dimana Kementerian Perdagangan sudah mengirimkan surat edaran ke seluruh daerah di Indonesia. Adapun isinya dari surat edaran tersebut, menghimbau jika di daerah terjadi kenaikan harga beras, daerah diminta segera berkoordinasi dengan Sub Divre Bulog untuk segera menggelar Operasi Pasar (OP).
     
    Untuk Jabar sendiri, jika terjadi kenaikan harga beras bisa menghubungi 5 Sub Divre Bulog. Daerah bisa segera berkoordinasi dengan Sub Divre Bulog, jika kenaikan harga beras sudah merangkak naik kisaran 10%. Bahkan jika dipandang perlu, jika kenaikan mencapai 5%, daerah boleh segera berkoordinasi dengan Sub Divre Bulog untuk menggelar OP.
     
    Ferry, dalam bagian lain keterangannya mengatakan kenaikan harga beras yang terjadi akhir-akhir ini diprediksi tak menimbulkan gejolak. Adapun hal yang menjadi pertimbangannya, merujuk kepada keterangan pihak Bank Indonesia inflasi yang terjadi di Jabar masih dibawah nasional.
    Pertimbangan lainnya, masa panen di sejumlah daerah di Jabar akan mulai berlangsung pada Bulan Pebruari sehingga persediaan beras kembali bertambah seiring dengan datangnya musim panen. (nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus