Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kue Balok Kembali Jadi Kegemaran

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_5489-crop-1.jpg

     

    BANDUNG-Jaman telah berubah, semua serba “kekinian”, namun siapa yang menyangka kalau di salah satu sudut Kota Bandung masih ada kuliner jaman baheula  yang menjadi kegemaran banyak orang, yaitu kue balok. Kue balok merupakan jajanan tradisional orang Sunda yang sekarang ini penjualnya bisa dihitung dengan sepuluh jari. Sebelum dinamai kue balok, kue ini disebut “Jibeuh”, dan dulunya kue balok ini dibuat untuk dijadikan bekal makanan para tentara saat perang melawan Jepang dan Belanda. Di salah satu sisi jalan Cihapit Kota Bandung dapat kita jumpai sebuah tempat makan sederhana yang menawarkan kenikmatan jajanan tradisional ini. 
     
    “Kue balok saya ini pakai resep turun-temurun agar cita rasanya yang khas tidak hilang. Paling saya modifikasi dengan memberi topping”, terang Risa sebagai pemilik tempat makan, ketika dihubungi di warungnya, Rabu (23 /01). Hanya bermodalkan tepung terigu, gula murni, susu murni, dan telur kue balok buatan Risa bisa memikat lidah berbagai kalangan dari seluruh penjuru Indonesia bahkan negara tetangga, Malaysia. Tak tanggung-tanggung Risa pun sering menerima pesanan kue balok dalam jumlah besar.
     
    “Kendala pasti ada, anak-muda sekarang kan kebanyakan nggak tau kue balok itu seperti apa dan rasanya bagaimana, beda dengan orang tua jaman dahulu sudah banyak yang tahu tentang kue balok. Banyak yang tanya sama saya, jadi saya harus sering-sering memberitahu kue balok itu seperti apa biar mereka tau terus tertarik dengan kue balok ”, papar Risa saat ditanya mengenai kendala berjualan kue balok. 
     
    Sekarang ini dengan dibantu 8 karyawannya 2000 kue balok Risa laku terjual setiap harinya dengan harga Rp 1500. Saat ini selain rasa original untuk menyesuaikan dengan lidah anak muda sekarang dan meningkatkan minat pembeli, Risa menambahkan topping untuk kue baloknya, yaitu cokelat, keju, kismis dan almond.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus