Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung Cieunteung dan Andir Masih Tergenang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_8968.jpg

    BANDUNG-Banjir Bandung Selatan karena meluapnya Sungai Citarum yang terletak di Kecamatan Baleendah masih menggenangi rubuan rumah penduduk.

    Kampung yang secara tetap setiap tahun tergenang meliputi Kampung Cieunteung dan Kampung Andir. Kedua kampung tersebut sudah tiga minggu tergenang air sehingga ribuan penduduknya mengungsi ketempat seadanya atau mengungsi ke rumah-rumah saudaranya. Genangan air yang melanda dua kampung tersebut tingginya bervariasi. Ada yang satu meter, dua meter hingga mencapai tinggi bangunan rumah.

    Berdasarkan penuturan korban, hingga minggu ketiga ini belum ada bantuan dari pihak manapun termasuk pemerintah. Ia meminta perhatian pemerintah, bagaimana menangani banjir ini yang setiap tahun melanda daerahnya dan belum ada solusi yang tepat. Para  pengungsi sudah merasa pasrah manakala banjir tiba. Tidak bisa berbuat banyak, kecuali menerima apa adanya. MEereka menghibur diri, karena kalau tidak demikian mereka akan mengalami stress memikirkan rumah dan seisinya terendam air banjir.

    Penduduk sekitar dua kampung tersebut, umumnya ingin pindah ke daerah lain namun tidak ada orang yang mau membeli rumahnya, kecuali dibeli oleh Pemerintah, harapnya.

    Salah seorang pengungsi korban banjir menuturkan, untuk solusi jangka panjang diperlukan pembangunan waduk misalnya didaerah hulu sungai citarum dan anak-anaknya. Daerah yang tepat untuk waduk bisa di daerah Majalaya
    dan daerah hulu citarum. Dengan demikian akan mengurangi debet air yang menuju daerah rendah seperti di Kec. Baleendah ini.

    Melihat kondisi dilapangan, tampak ada upaya pembangunan dan perbaikan kondisi sungai. Konon sedang dilakukan pelebaran, pemasangan benteng dan paku bumi. Namun karena masih musim penghujan, pengerjaannya masih tertunda.



     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus