Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Saba Desa Ade Swara Canangkan Kalagumarang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Memburu_Tikus_-_Bupati_komandokan_Gerakan_Kalagumarang_untuk_menekan_pertumbuhan_hama_tikus_yang_meresahkan_petani.jpg

    KARAWANG-Bupati Karawang, H. Ade Swara mengkomandokan Gerakan Kalagumarang guna membasmi hama tikus yang seringkali meresahkan para petani padi. Kegiatan yang merupakan bagian dari kegiatan Bupati Saba Desa tersebut diikuti oleh para petani dari empat desa di Kecamatan Batujaya, dan difokuskan di Desa Karyabakti, Kec. Batujaya, Jumat (15/2).

    Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa Kabupaten Karawang terkenal sebagai daerah pertanian dan telah menjadi lumbung padi nasional dan Jawa Barat. Predikat tersebut tentunya harus terus dipertahankan di masa yang akan datang, yang tentunya memerlukan berbagai upaya yang harus dilaksanakan secara bersama-sama, khususnya dalam mengatasi berbagai permasalahan pertanian yang sering muncul.

    Hama tikus saat ini masih menjadi momok bagi para petani padi di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Karawang. Meskipun jumlahnya saat ini di Karawang tidak terlalu signifikan, namun pertumbuhan hama tikus tersebut tentunya perlu terus dikendalikan. “Dengan demikian mereka tidak berkembang biak secara massif dan menjadi wabah bagi sawah-sawah masyarakat,” jelasnya.

    Atas dasar tersebut, lanjut Bupati, dirinya dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang mencanangkan Gerakan Kalagumarang. Gerakan ini sejatinya merupakan salah satu tradisi dari masyarakat petani Karawang yang senantiasa bersama-sama dan bergotong royong untuk membasmi hama tikus di sawah-sawah mereka. “Dengan kata lain, gerakan ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk kembali bersama-sama turun ke sawah dan membasmi hama tikus,” ujarnya.

    Sementara itu, Pemerintah Daerah sendiri turut memberikan sejumlah bantuan peralatan yang dapat memudahkan para petani untuk mencegah pertumbuhan hama tikus di sawah-sawah mereka. Sedangkan dalam pencanangannya di Kec. Batujaya, Pemerintah Daerah turut melibatkan para petani dari 5 desa yang berdekatan, yaitu Desa Baturaden, Desa Telukambulu, Desa Telukbango, Desa Karyamulya, dan Desa Karyabakti.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus