Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gallery Lembur Batik Tawarkan Wisata Belanja dan Belajar Batik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Gallery_Lembur_Batik_Tawarkan_Wisata_Belanja_dan_Belajar_Batik.JPG

     

    CIMAHI-Di Kota Cimahi terdapat gallery unik dan menarik. Namanya Gallery Lembur Batik Cimahi. Gallery yang menawarkan Wisata Belanja & Belajar Batik tersebut terletak di Jalan Pesantren Nomor 131, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara.
     
    Gallery Lembur Batik Cimahi adalah milik Hj. Ria Triwanto, berdiri sejak tahun 2009. Setiap hari tak kurang dari 40 orang warga Kota Cimahi dan sekitarnya mengunjungi gallery tersebut. 
     
    “Alhamdulillah setiap harinya gallery ini tak pernah sepi pengunjung, mulai dari anak-anak murid play group sampai pensiunan. Mereka berbelanja sekaligus belajar cara membatik,” kata Maya, salah seorang pegawai Gallery Lembur Batik Cimahi kepada jabarprov.go.id, Rabu (20/2).
     
    Harga kain batik di Gallery Lembur Batik Cimahi cukup kompetitif. Harga perpotongnya dengan ukuran 220 cm X 110 cm dibandrol mulai dari Rp 75.000, Rp 125.000, Rp 135.000, Rp 250.000 sampai Rp 450.000. Satu potong kain batik itu bisa dibuat untuk sebuah baju batik ukuran dewasa.
    “Motif bervariasi. Kami menawarkan lima motif batik, yaitu motif pohon bamboo, daun singkong, curug panganten dan motif Pusdik. Motif Pusdik itu motif gambar granat, pistol, pokoknya gambar-gambar yang melambangkan militer. Di Kota Cimahi kan banyak terdapat Pusdik atau Pusat Pendidikan Militer,” terang Maya.
     
    Sementara ini, lanjut Maya, konsumen Galleru Lembur Batik Cimahi baru warga Kota Cimahi dan sekitarnya. Pihak gallery belum memasarkan ke luar kota. Sistem produksinya berdasarkan pesanan. Jadi, Kalau mau pesan ratusan potong kain batik Cimahi harus pesan terlebih dahulu.
    “Di Gallery Lembur Batik Cimahi ini hanya ada 9 orang pembatik. Kalau motif batiknya lebih dari dua warna, satu hari hanya bisa menyelesaikan delapan potong kain batik saja. Tapi, kalau kain batiknya hanya satu warna, kami bisa menyelesaikan lebih dari itu,” katanya.
     
    Agar kain Batik Cimahi ini lebih di kenal oleh kalangan masyarakat luas, Gallery Lembur Batik Cimahi sering mengikuti pameran-pameran, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.
    “Belum lama ini, kami ikut berpamerandi Jakarta Convention Centre dalam Event INA Craft,” katanya. (enal)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus