Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lonjakan Komoditas Pertanian, Kemandirian Pangan Belum Terealisasi Maksimal

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Lonjakan-Komoditas-Pertanian,-Kemandirian-Pangan-Belum-Terealisasi-Maksimal.jpg

     

    BANDUNG- Wakil Ketua HKTI Jabar, Entang Sastraatmadja (28/3) dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id mengatakan diakui merebaknya lonjakan harga yang signifikan pada komoditas Bawang Merah dan Bawang Putih serta kini diikuti dengan naiknya harga cabai menunjukkan program kemandirian pangan yang digagas oleh pemerintah belum terwujud maksimal.
     
    Kemandirian pangan yang digagas oleh pemerintah, merupakan semangat yang harus dibangun oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat secara luas. Kemandirian pangan kendati belum tercapai maksimal, semangat itu perlu terus digelorakan. Untuk mengejar semangat tersebut, potensi itu ada, baik dari sisi teknologi maupun  dari sisi lahan yang bisa dimanfaatkan.
     
    Entang, lebih lanjut memaparkan khusus untuk kenaikan bawang, diakui untuk lahan yang menjadi areal penanaman, paling bagus ada di Brebes. Di Jabar, beberapa Kota/Kabupaten sudah menjadi sentra penanaman antara lain Cirebon, Majalengka dan Kuningan.
     
    Diakui, kendati penanaman sudah dilakukan, karena pengaruh cuaca sebagaimana terjadi akhir-akhir ini, kita sulit untuk melakukan langkah-langkah apapun, karena produk komoditas pertanian seperti bawang cepat busuk atau rusak.
     
    Sejalan dengan kondisi tersebut, hal yang bisa dilakukan adalah perbaikan terknologi pertanian karena teknologi  yang dipergunakan untuk pertanian masih terbatas.
     
    Untuk pengelolaan lahan, ke depan perlu disosialisasikan kepada para petani peta yang jelas untuk dipergunakan sebagai areal penanaman bawang dan areal penanaman padi. Di Jabar, ujar Entang seiring dengan kebijakan pemerintah yang sudah mulai membuka lahan baru untuk sawah, sebagian areal tersebut dapat juga digunakan untuk penanaman bawang. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus