Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Pimpin Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0061.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memimpin Gelar Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas),  Rabu (24/4) pagi di Halaman Gedung Sate, Jalan Dipongoro 22 Kota Bandung. Apel yang diikuti seluruh Satpol PP dan Satlinmas se Jawa Barat merupakan wujud kesiapan pemerintah daerah dalam melaksanakan amanat UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yaitu urusan wajib penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, termasuk di dalamnya bidang perlindungan masyarakat.

    Gelar Pasukan ini sekaligus memperingati Hari Jadi ke-63 Satpol PP dan ke-51 Satlinmas. Peringatan hari jadi secara bersama ini merupakan tanda bahwa bidang perlindungan masyarakat telah menjadi fungsi Satuan Polisi Pamong Praja. Hal ini akan mengefektifkan upaya pencapaian visi Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat, yaitu “Terdepan dalam Penegakan Peraturan Daerah dan Pemeliharaan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat untuk Menunjang Efektivitas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2013”.

    Dalam sambutannya, Gubernur menyatakan dalam urusan ketertiban umum maka Satpol PP berperan sebagai garda  terdepan sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2004, Pasal 148. Selain itu Satpol PP diminta membantu Kepala Daerah dalam menegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. “Tentu semua tugas itu dilaksanakan dengan standar profesionalisme dengan mengedepankan kepentingan umum serta bertanggungjawab,” ujarnya.

    Hal itu, menurut Gubernur sesuai tema gelar pasukan kali ini, yakni ”Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Konsisten Menjaga Citra dan Wibawa Pemerintah Daerah melalui Tugas Pokok dan Fungsi”.  Untuk itu dalam melaksanakan tugasnya, wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar satuan organisasi di lingkungan Satpol PP, serta instansi lain di luar Satpol PP sesuai dengan tugas pokok, serta harus lebih mengedepankan prinsip penataan.

    Untuk itu dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan Daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, Satpol PP selalu mengikutsertakan aparat penegak hukum, terutama dengan kepolisian di tingkat daerah, OPD Provinsi dan Satpol PP Kab/Kota serta OPD Kab/Kota. Pola tersebut juga diterapkan dalam hal kerjasama penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah, Banten dan DKI Jakarta.

    Rangkaian acara Gelar Pasukan ini diawali kegiatan olahraga bersama yang diikuti oleh unsur TNI, Polri dan OPD Prov. Jabar. Pada hari pelaksanaan Gelar Pasukan, acara diawali dengan defile pasukan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat memasuki tempat upacara, dilanjutkan dengan upacara, atraksi dari Satuan Polisi Pamong Praja Kab/Kota dan diakhiri dengan acara riungmungpulung Gubernur Jawa Barat dengan para Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab/Kota.

    Adapun pihak-pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, antara lain Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Penyidik Pegawai Negeri Sipil OPD Prov. Jabar, Dinas Perhubungan Prov. Jabar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. Jabar, Sekretariat Daerah Prov. Jabar, Korpri Prov. Jabar, Polri, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Resimen Mahasiswa Mahawarman, IPDN, Taruna Siaga Bencana, dan Gerakan Pramuka.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus