Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ground Breaking Saluran Serat Optik Bawah Tanah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/BBM_-_serat_optik.jpg

    BANDUNG-Sarana saluran serat optik (fiber optic ducting) bawah tanah merupakan sarana dan utilitas saluran infrastruktur jaringan komunikasi yang dapat digunakan secara bersama oleh seluruh penyelenggara layanan komunikasi yang dilakukan  secara terpadu  dengan mempertimbangkan estetika kota.  Apalagi penyediaan infrastruktur broadband sektor Information Communication and Telecomunication (ICT) secara menyeluruh merupakan bagian dari program nasional MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), sebagai bagian dari penguatan konektivitas nasional.
     
    Dalam rangka itu maka, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat PT Jabar Telematika melakukan ground breaking sarana saluran (ducting) serat optik bersama bawah tanah Kota Bandung, Rabu (29/5) di Jl Merdeka, depan Bandung Indah Plaza (BIP). Diawali dengan menjalankan  mesin pemotong jalan (trancher) sebagai tanda dimulainya penanaman saluran serat optik bawah tanah bersama. Proses memasukan serat optik dilakukan dengan metoda blowing , dengan udara bertekanan tinggi untuk mendorong kabel pada saluran. Selanjutnya seluruh serat optik udara digantikan  oleh saluran serat optik bersama bawah tanah.
     
    Agus Fitriandi, Direktur Utama PT Jabar Telematika menjelaskan, bahwa sarana saluran serat optic bawah tanah bersama atau ducting bersama merupakan bagian dari Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dalam kerangka perkuatan konektivitas Nasional melalui program National Broadband Network. Oleh karenanya PT Jatel sebagai anak perusahaan BUMD Provinsi Jawa Barat mempunyai kewajiban untuk mendorong terealisasinya pengoperasian ducting bersama.
     
    Agus Fitriandi juga menjelaskan, pada tahap awal, akan dibangun sarana saluran (ducting)  kabel serat optic bawah tanah secara bersama sepanjang 111,5 km dengan jumlah selongsong sebanyak 28 unit dengan nilai investasi 47 miliar rupiah. PT Jasa Sarana sebagai induk PT Jabar Telematika akan mendukung penuh atas rencana investasi tersebut. Selain meningkatkan konektivitas nasional, program ducting bersama ini juga akan memberikan keuntungan multiplier effect bagi Pemerintah Daerah.
     
    Pelaksanaan ducting bersama oleh PT Jabar Telematika merupakan bagian dari investasi dan pengembangan PT Jabar Telematika dalam bisnis layanan jaringan dan layanan data untuk wilayah Provinsi Jawa Barat. Saat ini PT Jabar Telematika telah menyelesaikan pemasangan fiber optic sepanjang 97 km dan tengah mempersiapkan pembangunan data centre yang berstandar internasional di Kota Bandung.
     
    Penataan jaringan serat optik di Kota Bandung  secara serempak harus diprogramkan mengingat kondisi eksisting terutama jalur kabel udara  menganggu keindahan atau estetika kota. Pengaturan dan penataan kembali  saluran kabel di udara melalui dengan  memindahkan kedalam saluran (ducting) serat optik bersama dibawah tanah. Dengan proyek tersebut menjadikan estetika  Kota Bandung indah dan , bersih serta menjadi kota yang memiliki utilitas lengkap  dengan sarana saluran jaringan komunikasi serat optik berkecepatan tinggi.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus