Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Yayasan Rancage Serahkan Hadiah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_4287.jpg

    BANDUNG-Yayasan Kebudayaan Rancage kembali menyerahkan hadiah ke para pemenang Sastra Rancage kepada yang dinilai telah membuat karya sastra khususnya yang berbentuk buku dan berbahas daerah.

    Sejumlah sastrawan yang menerima hadiah “Rancage” yaitu, untuk bidang jasa dalam Bahasa Sunda, Rektor Unpad Ganjar Kurnia, yang dinilai berhasil mempertahankan kesenian Sunda khususnya di kampus Unpad melalui berbagai kesenian Sunda bertajuk Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran yang diselenggarakan di Bale Rumawat Padjadjaran Kampus Unpad.

    Kemudian Deni A. Fajar, Redaktur Tribun Jabar, yang menulis kumpulan sajak Lagu Padungdung. Sementara Hadiah Sastra Rancage untuk Bahasa Jawa diberikan kepada Krishna Mihardja, penulis kumpulan cepren Pratisara, dan J.F.X. Hoery untuk kategori jasa.

    Hadiah Sastra Rancage untuk Bahasa Bali diberikan kepada I Made Sugianto, penulis roman pendek Sentana, dan I Nyoman Suprapta untuk kategori jasa, sedangkan untuk hadiah “Samsudi” diberikan kepada drs. H. Elin Sjamsuri, penulis Dongeng Aki Guru.

    Selain mendapat piagam, para penerima penghargaan Hadiah Sastra Rancage 2013, yang diberikan langsung oleh Dewan Pembina Yayasan Kebudayaan “Rancage”, Ajip Rosidi, juga mendapat uang kadeudeuh masing-masing Rp 5 juta.

    Ajip mengatakan, pemberian Hadiah Sastra Rancage tahun ini menjadi momentum 25 tahun digelarnya kegiatan tersebut.

    “Kedepan pemberian Hadiah Sastra Rancage tidak hanya diberikan pada sastrawan di daerah Sunda, tapi juga kepada sastrawan di Jawa, Bali, dan Lampung yang menulis dalam bahasa daerahnya masing-masing,” ujar Ajip, usai menyerahkan hadiah di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Bandung, Jalan Dipatiukur 35, Bandung, Selasa (04/06). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus