Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung Sayuran Penghasil Boneka

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/aboneka-sayuran-2.jpg

    CIMAHI-Sebuah truk berisi ratusan boneka winie the pooh terparkir di Jalan Sindangsari Barat, tepat di mulut gang menuju Kampung Sayuran, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jum’at (21/6). Boneka satu truk tersebut akan dibawa ke Surabaya, Jawa Timur. Kampung Sayuran ternyata sudah lama dikenal sebagai kampung penghasil boneka. Kampung penghasil boneka terbuat berbatasan dengan RW 26 Kampung Sindangsari, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

    “Di Kampung Sayuran ini terdapat kurang lebih 40 rumah penduduk menjadi lokasi produksi boneka. Setiap pengrajin rata-rata memiliki tiga buah mesin juki atau yamata. Kami membuka usaha boneka ini sejak tahun 1998,” kata Iwan, salah seorang pengrajin boneka, warga RT 05 RW 07, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id, Jum’at (21/6).

    Iwan menjelaskan, boneka yang diproduksinya terbuat dari kain snel atau kain laspur (sejenis kain beludru) berisi dakron atau silicon. Bahan baku tersebut ia peroleh dari pemasok di Jalan Holis, Kota Bandung. Iwan mengaku, selama ini tak pernah kesulitan dalam pengadaan bahan baku.

    Boneka-boneka yang diproduksi para pengrajin boneka Kampung Sayuran, menurut Iwan, selalu mengikuti perkembangan jaman. Jenis boneka yang dibuat adalah tokoh-tokoh kartun atau super hero yang sedang digandrungi oleh anak-anak.

    “Sekarang yang lagi laku boneka spongebob, winie the pooh, mickey mouse serta minie mouse. Selain itu, boneka dalam bentuk bantal dan guling juga cukup laku,” katanya.

    Adapun harganya, lanjut Iwan bervariasi, tergantung besar kecilnya ukuran dan jenis bahan baku yang digunakan. Harganya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 250.000.

    “Soal pemasaran kami tidak merasa kesulitan. Di Kota Bandung banyak toko-toko atau autlet penjual boneka yang memesan ke Kampung Sayuran. Selain itu, kami juga memproduksi boneka berdasarkan pesanan,” katanya.
    Para pemesan boneka produksi Kampung Sayuran, bukan hanya datang dari kabupaten/kota di Jawa Barat, melainkan juga datang dari berbagai kota di luar Jawa Barat. Diantaranya dari Jakarta, Surabaya dan Medan. Bahkan sejumlah kota dari Kalimantan juga pernah memesan boneka ke Kampung Sayuran. (enal)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus