Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Andong, Sarana Baru Ngabuburit

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/web-2345jpg.jpg

    BANDUNG-Jum'at (19/7) Menjelang berbuka puasa adalah saat yang paling dinanti oleh kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa. Biasanya menjelang adzan berkumandang, kaum muslim mencari panganan berbuka puasa atau sekedar jalan-jalan sambil menunggu adzan berkumandang atau yang lazim disebut dengan ngabuburit.

    Lain halnya dengan warga di kawasan Kalapa Nunggal dan Tegal Lega. Mereka memanfaatkan waktu ngabuburit dengan menaiki kuda atau andong.

    Dengan membayar Rp 5000 rupiah, kita sudah bisa menaiki kuda ini dengan rute sepanjang jalan Kalapa Nunggal hingga Tega Lega, dan begitu juga sebaliknya dari Tega Lega ke Kalapa Nunggal, bukan hanya anak kecil saja yang menikmati fasilitas ini, namun ibu-ibu dan bapak-bapak pun ikut dalam keceriaan ngabuburit ini.
     
    Ternyata, transportasi andong "ngabuburit" itu bukan hanya di kawasan Kalapa Nunggal dan Tega lega saja, tapi di kawasan Taman Kopo Indah pun menyediakan hiburan ngabuburit seperti ini.  Bedanya, kuda yang dinaiki hanya satu kuda untuk satu anak bukan andong seperti pada umumnya.

    Menjamurnya Pedagang Pakaian Muslim di Kawasan Pasar Baru

    BANDUNG-Jum'at (19/7) Menjelang bulan suci Ramadhan, kaum muslimin mulai disibukan dengan mencari pakaian muslim, mulai dari kerudung, hingga aksesoris kerudungnya, seperti jepit, bros dan lainnya. Tak hanya kerudung yang menjadi incaran kaum muslim, mukena untuk sholat tarawih dan shulat sunnat iedul fitri pun  dicari.

    Hal ini kemudian dilirik oleh sebagian pedagang kecil baru yang kemudian bermunculan memanfaatkan bulan suci ramadhan ini dengan ikut menjadi penjual pakaian muslim, seperti yang banyak dijajakan di sepanjang jalan Pasar Baru, kawasan Pertokoan Pasar Baru.
     
    “Bulan suci ramadhan ini, saya memang sengaja memanfaatkannya untuk berjualan kerudung. Dihari biasa, saya berjualan baju.

    Banyak kaum muslim yang sengaja membeli kerudung, baik kerudung pasmina, kerudung KCB, dan kerudung katun paris. Namun saat ini pembelian kerudung pasmina dan KCB lebih banyak digemari dibandingkan dengan kerudung katun paris, mungkin karena kerudung pasmina lebih mudah untuk dimodifikasikan menjadi bermacam-macam bentuk, seperti yang digunakan para hijabers. Kadang kerudung pasmina pun dinamai kerudung hijab,” ujar Utang, pedagang kerudung di kawasan Pasar Baru.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus