Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Launching Kurikulum 2013 di Karawang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/HMS_5469-1.jpg

    KARAWANG-Menindak lanjuti surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0128/MPK/KR/2013 tanggal 5 Juni 2013 tentang Implementasi kurikulum 2013, Pemerintah Kabupaten Karawang lakukan “Launching Implementasi Kurikulum tahun 2013” yang bertempat di Aula lantai 3 Gedung Singaperbangsa Pemkab Karawang, Senin (22/7). Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karawang H. Ade Swara beserta Kepala Dinas Pendidikan Kab. Karawang Drs. Agus Supriatman M. Pd, kemudian dihadiri pula oleh para Kepala Sekolah serta Kepala UPTD Pendidikan se-Kab Karawang.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Karawang menegaskan, bahwa “Pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa, untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik”.

    “Pemerintah Daerah selama ini terus mencoba melakukan langkah-langkah yang inovatif serta terus berupaya melakukan terobosan–terobosan, yang diharapkan dapat semakin mengakselerasi pembangunan di bidang pendidikan, jelas Bupati. Hal inilah yang juga akan menjadi fokus dalam upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, melalui implementasi kurikulum tahun 2013”, imbuhnya.

    Kemudian Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga agar “mengawal implementasi kurikulum ini di masing-masing satuan pendidikan melalui pengawas dengan memperhatikan hal- hal sebagai berikut : pertama, bahwa keberhasilan kurikulum tsb sangat tergantung pada kesesuaian kompetensi PTK dengan kurikulum & buku pegangan guru dan buku pegangan siswa, karena buku tersebut sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum; kedua, buatkan perencanaan yang matang tentang kebutuhan anggaran APBD Kabupaten Karawang dalam menunjang pembinaan/pengawasan dan kegiatan-kegiatan training atau workshop kurikulum 2013; ketiga, perlunya penguatan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang didukung dengan budaya sekolah yang baik”, tegasnya.

    Pada prinsipnya Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sangat mendukung adanya kurikulum 2013, sehingga Bupati berharap peserta didik dapat memiliki: (1) kemampuan berkomunikasi dan berpikir jernih serta kritis. (2) mampu mempertimbangkan segi moral dan menjadi warga negara yg bertanggungjawab (3) mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda (4) mampu hidup dalam masyarakat yang mengglobal (4) memiliki kesiapan dan kecerdasan sesuai bakat dan minatnya serta memiiki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan (5). Peserta didik yang memiliki kompetensi spiritual, intelektual, sosial, kinestetis & kultural. selain itu juga, peserta didik dapat mendorong percepatan pembangunan pendidikan dan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Karawang, demi terwujudnya generasi yang cerdas, produktif; inovatif & damai dalam intraksi sosialnya serta berwawasan unggul juga memiliki akhlakul karimah.

    Dalam laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kab Karawang Drs. Agus Supriatman M.Pd, menurutnya “Sekolah-sekolah yang akan sudah mulai menerapkan kurikulum 2013 ini, antara lain yaitu: 13 SD, 5 SMP, dan 18 SMA/SMK. Sebagaimana Kebijakan Nasional bahwa pada awal ajaran tahun 2013 sekolah-sekolah yang dituju wajib mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan meminta dengan tegas yang disampaikan oleh Wakil Presiden dan Kemedikbud RI pada saat libur nasional pada bulan Februari 2013, bahwa kurikulum 2013 ini tidak ada lagi tawar menawar atau sentralisasi pada bulan Juli 2013 yang implementasinya secara bertahap”, jelasnya.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus