Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1434, Kamis 8 Agustus 2013

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_01491.jpg

    BANDUNG- Berdasarkan Sidang Dewan Isbat yang diselenggarakan Pemerintah, Menteri Agama Suryadharma Ali menetapkan 1 Syawal 1434H jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013 M. Penetapan ini dikeluarkan dalam sidang itsbat penetapan awal syawal 1434H, setelah menerima laporan hasil rukyat Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama yang disebar di 60 titik di seluruh Indonesia.

    Ketetapan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 152 Tahun 2013 tentang Penetapan Tanggal 1 Syawal 1434 H.

    Sidang Itsbat ini diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal yang disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhtar Ali.

    Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhtar, melaporkan bahwa data hisab hilal Syawal 1434 H menunjukan, ijtima’ menjelang awal bulan Syawal 1434H jatuh pada Rabu, 7 Agustus 2013 atau bertepatan dengan 29 Ramadlan 1434H pada sekitar pukul 04:51. Ketinggian hilal di seluruh Indonesia pada saat matahari terbenam berada pada kisaran 2 – 3,87 derajat.
     
    Adapun berkenaan hasil laporan tim rukyatul hilal, Muhtar Ali melaporkan bahwa hilal sudah dapat dilihat di empat lokasi pemantauan hilal, yaitu:
    1. Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat; hilal dilihat oleh Jumroni, Warsito, dan Abdulllah Said;
    2. Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan; hilal dilihat oleh Agus Triono dan Zainuddin;
    3. Bukit Condrodipuro Gresik Provinsi Jawa Timur; hilal dilihat oleh Ikhwanuddin dan Ahmad Azhar; dan
    4. Pantai Alam Indah Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah; hilal dilihat oleh Husni Faqih.

    Atas laporan yang disampaikan oleh Muhtar Ali, Menteri Agama kemudian meminta izin kepada forum untuk menyimpulkan bahwa 1 Syawal 1434H jatuh pada Kamis 8 Agustus 2013M.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus