Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bawaslu Jabar Gelar Pembekalan Panwaslukab/kota

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Bawaslu-Jabar-Gelar-Pembekalan-Panwaslu.jpg
    BANDUNG-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menggelar acara Pembekalan Panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang No. 121 Kota Bandung, mulai Jum’at (23/8) hingga Minggu (25/8).
     
    Para peserta yang terdiri dari para ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten/Kota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat itu diharapkan chek in hotel dan melakukan registrasi pada Hari Jum'at (23/80, mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Acara akan diawali dengan pembukaan dan pengarahan pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat.
     
     
    Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan acara pembekalan oleh Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan materi Modus-modus tindak pidana korupsi pada anggaran pengawasan pemilu dan pencegahannya, pengarahan pimpinan Bawaslu RI dan pembekalan oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu RI dengan materi Harmonisasi Hubungan Kerja Ketua/Anggota Panwaslu dengan sekretariat Panwaslu.
     
    Para peserta akan dibagi kedalam empat kelompok, yaitu kelompok A, kelompok B, kelompok C dan kelompok D. Meteri lainnya yang akan dibahas dan disiskusikan meliputi pengawasan tahapan-tahapan dalam Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD, antara lain tahapan pemutakhiran data pemilih yang meliputi Penetapan dan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), masukan dan tanggapan masyarakat, penyusunan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), perbaikan DPSHP, penyusunan Daftar Pemilihan Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPSHPA) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap. Selanjutnya, pengawasan pencalonan, kampanye, termasuk peleksanaan kampanye di luar kampanye 21 hari dan pelaksanaan kampanye 21 hari, pelaporan dana kampanye dan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta rekapitulasi hasil penghitungan suara.
     
    Adapun nara sumber yang dihadirkan dalam acara pembekalan yang diikuti oleh para anggota Panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat itu, adalah August Melaz, peneliti senior Perludem, Yusfitriadi, pegiat Pemilu dan Rikson Nababan, tim asistensi Bawaslu RI.
     
    Materi pembekalan kepada para kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat antara lain tentang Pengelolaan Anggaran Panwaslu Kabupaten/kota, Pertanggungjawaban keuangan dan penataan administrasi dan sumber daya manusia sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota. (enal)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus