Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur : Kecerdasan Orang Indonesia Lebih Baik Dari Bangsa Lain

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0046-09-09.jpg
    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Jawa Barat, khususnya Kota Bandung sebagai tempat dilaksanakannya Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-12 tahun 2013. Diharapkan dengan hadirnya para saintis muda, ke depan dapat menjadi bagian solusi pembangunan bangsa dan negara.  Ajang OSN akan berlangsung sejak Selasa (3/9) hingga Sabtu (7/9).
     
    Heryawan meyakini kualitas genetasi muda Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional. "Kecerdasan generasi muda Indonesia lebih baik dibanding dengan bangsa lain. Hanya saja modal baik itu harus dioptimalkan melalui sejumlah upaya pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya saat memberikan sambutan di hadapan para hadirin yang memadati Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jl Taman Sari, Kota Bandung, Selasa (3/9) pagi.
     
    Lebih lanjut Heryawan menyatakan Tema OSN ke-12 tahun 2013 "Menyiapkan Generasi Emas yang Cerdas, Kompetitif dan Berkarakter". Sejalan dengan fokus pembangunan di Jawa Barat yakni membangun sumberdaya manusia (SDM). Dengan menyiapkan SDM yang unggul sama dengan membuka jalan kemajuan dan kesejahterahan generasi mendatang.
     
    Sementara dalam laporannya Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie menyebut ajang OSN sebagai agenda tahunan Kementrian Pendidikan Nasional yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2002. "Ajang ini guna menyiapkan generasi emas dengan mengikutsertakan para siswa ke sejumlah ajang internasional," ujarnya.
     
    Ajang ini, menurut Jazidie merupakan ajang strategis membekali generasi yang mencintai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
    Mampu memanfaatkan Iptek menghadapi persaingan global. Adapun peserta yang terlibat mencapai 3600 orang. Mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Tingkat Lanjutan Atas. Khusus untuk tingkat SD dan SLTP sudah dilaksanakan pada bulan Juni 2013 lalu. Sehingga untuk bulan ini khusus untuk tingkat SLTA.
     
    Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Menteri (Wamen) Pendidikan Nasional Musliar Kasim menegaskan sangat bangga pelaksanaan OSN dapat berlangsung di Kota Bandung. Hal itu bukan tanpa alasan, karena jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat  sangat antusias dalam pembangunan Iptek. "Apalagi Jawa Barat memiliki Gubernur yang luar biasa. Selain seorang birokrat, pa Heryawan ini juga hafiz dan menguasi ilmu pengetahuan," pujinya.
     
    Bagi para pemenang, akan diberikan sejumlah hadiah berupa tropi, sertifikat dan beasiswa serta diikutsertakan dalam berbagai ajang olimpiade sains internasional. Adapun jenis materi yang dilombakan diantaranya meliputi, Matematika murni dan terapan, Fisika murni dan terapan, Biologi murni dan terapan, Ekologi
    dan Bisnis. "Bagi peraih emas, akan otomatis diikutkan dalam ajang olimpiade internasional," ungkap Wamen.
     
    Acara pembukaan yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia itu berlangsung meriah. Apalagi berbagai atraksi kesenian dipentaskan guna menghibur para undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dan terisitimewa pembacaan ayat suci Al-Quran beserta terjemahan oleh peserta tuna netra yang menggunakan huruf braille.
     
    Hadir dalam acara itu Wakil Menteri Pendidikan Nasional Musliar Kasim, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie,  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Hamid Muhammad, Kepala Dinas Pendidikan tingkat provinsi se Indonesia, para Ketua PGRI, jajaran Asosiasi Kepala Sekolah Asosiasi Pengawas Sekolah, dan undangan lainnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus