Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Indonesia Terancam Hilang Dari Peta Negara Penghasil Teh Dunia

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0147-paint.jpg

     

    BANDUNG- Negara Indonesia saat ini terancam hilang dari peta negara penghasil teh di dunia, menyusul terus menurunnya produksi teh saat ini. Demikian dikemukakan Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Dewan Teh Indonesia, Andrew T. Supit.
     
    “Sejak tahun 1998 hingga 2008 produksi teh dari Indonesia terus menurut dari sebelumnya 150 ribu ton per tahun menjadi 120 ribu ton per tahun,” ujarnya.
     
    Menurut Andrew, penurunan produksi teh terjadi akibat banyaknya lahan teh, baik milik swasta maupun petani rakyat yang terkonversi ke tanaman lain.
    “Setiap tahun lahan untuk komoditas teh terus berkurang 2.000-3.000 hektare, banyak perusahaan swasta yang tidak melakukan investasi lagi karena biaya produksi lebih besar. Untuk rehabilitasi butuh investasi sekitar Rp 70 juta per hektare,” ucapnya.
     
    Akibat kondisi tersebut menurut Andrew, untuk memenuhi kebutuhan teh dalam negeri, Indonesia harus melakukan import teh ke beberapa Negara penghasil teh, seperti Srilangka, dan Malaysia.
     
    “Permintaan industri local 85 ribu ton (teh hitam dan hijau), eksport 85 ribu ton sedangkan pertumbuhan konsumsi teh di Indonesia 8-10 persen per tahun, maka kita perlu import,” kata Andrew, kepada wartawan pada acara Press Comference Bandung International Tea Festival 2013 di Hotel Bumi Sawunggaling, Jln. Sawunggaling, Bandung, Rabu (18/09).
     
    Andrew mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki Dewan Teh Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Indonesia harus mengimport teh yang setiap tahunnya mencapai 33 ribu ton. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus