Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Imbau Perusahaan di Jabar Berdayakan UKM

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG02463-20131002-0631.jpg

    BANDUNG-PT sinde Budi Sentosa memberangkatkan 75 UMKM asal Jabar untuk studi banding ke Malaysia. Keberangkatan itu dilepas oleh Wagub Jabar Dedy Mizwar didampingi asisten Presdis Sinde Budi sentosa Yuwono di Bandara Husein.

    Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengimbau kepada perusahaan yang berada di Jabar untuk mengikuti langkah perusahaan ini. Menurutnya itu penting dilakukan agar UKM siap menghadapi AEC 2015 mendatang.

    "Perusahaan di Jabar yang lain juga harus melakukan pemberdayaan kepada UKM karena sebentar lagi ada AEC," ujarnya kepada wartawan pada acara pelepasan UKM Jabar ke Malaysia oleh PT Sinbe Budi Sentosa di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa.

    Dia menjelaskan perusahaan skala besar pasti membutuhkan pelaku UKM terutama yang bergerak pada sektor perdagangan. Sebab, pelaku bisa menjadi distributor handal untuk menyebar dan menjual hasil produksi.

    Namun demikian, pihaknya belum bisa melakukan paksaan kepada setiap perusahaan agar mau melakukan pemberdayaan UKM. Pihaknya pun belum berencana menerbitkan Peraturan Daerah maupun Surat Edaran terkait hal ini.

    "Sekarang ini, bentuknya baru imbauan, tapi keterlaluan kalau perusahaan sampai enggak memberdayakan UKM," katanya.

    Pemerintah provinsi sendiri mendorong pemberdayaan UKM dengan berbagai cara, salah satunya melalui Kredit Cinta Rakyat (KCR). Kredit berbunga 8,3% per tahun ini diyakini bisa mendukung pembiayaan bagi para pelaku.

    Yuwono menambahkan total UMKM yang diberangkatkan ke Malaysia berjumlah 800 orang, selain itu 600 UMKM juga diberangkatkan ke Thailand untuk studi banding kondisi pasar di negara tersebut.tjo
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus