Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Proyek Monorel Bandung Raya Capai Rp 18 Triliun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_8340---Copy.jpg

    BANDUNG-  Proyek pembangunan monorel di kawasan Bandung Raya yang terdiri dari 5 koridor membutuhkan investasi mencapai Rp18 triliun. Demikian dikemukakan Direktur Utama PT Penghegar Group, Cecep Rukmana.

    "Hasil dari hitung-hitungan nilai proyek untuk 5 koridor itu mencapai Rp 15 hingga Rp18 triliun," ujar Cecep, kepada wartawan, di RM Pasar Cisangkuy, Jalan Cisangkuy, Rabu (02/10).

    Lima koridor yang akan dilewati monorel yaitu, Gedebage-Tanjungsari (Bandung-Sumedang), Gedebage-Soreang (Bandung-Kabupaten Bandung), Gedebage-Cimahi (Bandung-Cimahi), Gedebage-Dago, Gedebage-Majalaya (Bandung-Kabupaten Bandung).

    Cecep mengatakan, untuk koridor pertama yang akan dibangun, yaitu koridor Gedebage-Tanjungsari dengan panjang rute sepanjangnya 28 kilometer dengan 11 stasiun.

    “Koridor pertama denagan biaya Rp 5 triliun, mudah-mudahan bisa dimulai setelah feasibility study (FS) selesai pada awal 2014, dan akan langsung dilakukan ground breaking pada Juni-Juli 2014 dan selesai pada 2016,” ucapnya.

    Cecep mengharapkan, dibangunnya monorel yang terintergasi ini akan mengurangi kemacetan di wilayah Bandung Raya, yang saat ini sudah semakin memprihatinkan.

    “Dengan monorel, nanti masyarakat dari wilayah Barat yang akan ke Timur atau dari Utara ke Selatan Bandung dan sebaliknya, bisa langsung tanpa harus ke pusat Kota Bandung, sehingga mengurangi kendaraan yang masuk Bandung,” katanya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus