Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berqurban, Miliki Dimensi Ritual dan Sosial

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/penyerahan_hewan_kurban.jpg
    KARAWANG-Pemkab Karawang gelar Solat Ied bersama Bupati Karawang, H. Ade Swara, dan ribuan masyarakat Karawang di Lapang Karang Pawitan, Kec. Karawang Barat. 
     
    Selain melaksanakan shalat berjamaah, pada kesempatan tersebut Bupati Ade Swara juga turut menyerahkan sejumlah hewan qurban secara simbolis kepada panitia Mesjid Al Jihad dan Mesjid Agung Karawang, sekaligus ceramah yang bersifat pesan moral hakekat dan substansi histori Idul Adha. Solat Ied tersebut di pimpin oleh Imam Ketua MUI Karawang KH Tajudin Noor dan khutbah oleh Sahroni Ma’sum
     
    Bupati Ade Swara dalam pesan moralnya menjelaskan bahwa tema yang diambil pada iduladha tahun ini adalah “Dengan Hikmah Idul Adha 1434 Hijriyah, Kita Tingkatkan Semangat Bekerja dan Berqurban Demi Tercapainya Visi Serta Misi Kabupaten Karawang”.
     
    Menurut Bupati, tema ini memiliki nilai yang sangat strategis, karena apabila dilihat dari segi keagamaan berkurban mencerminkan ketaq’waan kita kepada Allah SWT, sedangkan dilihat dari segi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat berkurban merupakan kepedulian untuk membantu sesama.
     
    Layaknya pelaksanaan ibadah haji, seluruh kaum muslimin dan muslimat sedang berkumpul di sana dengan pakaian dan kegiatan yang sama, yang memperlihatkan secara lahiriah bahwa manusia pada hakekatnya sama, kecuali yang dapat membedakannya adalah ketaqwaannya kepada Allah SWT.
    Demikian halnya pada pagi ini, tanpa melihat status dan golongan, semuanya duduk dan berdiri bersama-sama di bawah komando seorang imam melaksanakan perintah Allah SWT.  Hal ini juga menandakan bahwa di hadapan Allah SWT. 
     
    Kita ini adalah sama, kecuali kualitas ketaqwaan kita kepada-nya yang dapat membedakannya dan hanya Allah SWT. Yang maha mengetahui, ujar Ade Swara.
     
    Semangat berqurban memiliki dimensi ritual dan sosial yang sangat tinggi berupa kepatuhan akan perintah Allah SWT dan kepedulian terhadap sesama. Dalam konteks pembangunan, berqurban mengajarkan kita untuk memberikan kontribusi yang konkrit dalam mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan yang tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan makan semata, akan tetapi dalam semua aspek kehidupan terutama bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan  serta infrastruktur, dalam rangka mewujudkan masyarakat Karawang yang sejahtera, demikian pesan Bupati Ade Swara.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus