Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Kagumi Semangat Gotong Royong Masyarakat Adat Nagara Banceuy Subang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pangauban-banceuy.jpg
    SUBANG- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengapresiasi semangat gotong royong  masyarakat Adat Nagara Banceuy Subang yang masih lekat sampai sekarang. Semangat inilah yang Wagub tangkap dan teladani dari Helaran Budaya Pangauban Pasudan Ruwatan Bumi Masyarakat Adat Nagara Banceuy Subang, yang berlangsung di depan Halaman SD SDN Karangmadu Kampung Banceuy Ds.Sanca Kec.Ciater Subang, Rabu (30/10). 
     
    "Ini luar biasa, dapat menyelenggarakkan kegiatan secara swadaya karena ada semangat kebersamaan gotong royong, berarti dapat mempertahankan nilai-nilai budaya luhur," ungkap Deddy. 
     
    Menurut Kepala adat Banceuy Adang Didi, Ruwatan Kasepuhan Banceuy ini dilaksanakan setahun sekali pada bulan Rayagung. "Ngaruwat bumi artinya bersyukur atas hasil bumi yang bisa menghidupi. Ini adalah Adat tradisi yang dilaksanakan secara turun  temurun," paparnya. 
     
    Pada kesempatan itu Deddy berjanji memberikan kambing ternak kepada masyarakat adat. "Saya akan mengirimkan beberapa kambing untuk diternakan atas nama kepentingan warga atau adat, melalui Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, dengan catatan kondisi kebersamaan dan gotong royong ini tetap terjaga, bukan hanya seremonial," pesannya. 
     
    Deddy juga berpesan agar helaran budaya ini bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata, dengan menjaga keseimbangan antara manusia dan alamnya. Turut hadir Camat Ciater, Kepala BPMPD, Kepala BKPP Wilayah IV Purwakarata. 
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus