Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Mainkan Angklung di Angklung Pride

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_00482.jpg
    BANDUNG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar beserta  Ibu Giselawati  menghadiri acara Angklung Pride, sebuah persembahan Festival Musik Angklung  dalam rangka memperingati 3 tahun angklung sebagai  "intangible culture heritage " oleh UNESCO, di Saung Angklung Udjo, Jl.Padasuka No. 118 Kota Bandung, Sabtu (16/11) siang.
     
    Acara yang cukup meriah itu ditandai dengan pagelaran kolosal angklung yang dimainkan 500 siswa SMA/MTs perwakilan sekolah se jawa Barat. Undangan yang hadirpun turut memainkan angklung yang dipandu oleh Ketua Yayasan Saung Angklung  Udjo (SAU), Sam Udjo. Turut hadir anggota DPR RI, Direktur Jenderal Kesenian dan Kebudayaan Kemendikbud RI,  anggota DPRD, Kadis pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat.
     
    Bahkan pada Hari Angklung ini, gelaran angklung juga dilakukan serentak di beberapa titik di wilayah Kota Bandung. Hal tersebut menunjukan bahwa Pemerintah cukup besar memperhatikan eksistensi dan perkembangan  angklung sebagai sebuah  warisan budaya Nasional bahkan PBB melalui lembaganya, UNICEF, mengakui angklung sebagai salah satu warisan dunia.
     
    Dalam penjelasannya, Sam Udjo menyampaikan bahwa SAU merupakan tempat pertunjukan terpadu yang terdiri dari tempat pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan alat instrumen bambu. Hal itu menjadikan SAU sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung sebagai sebuah karya seni dan kebudayaan sunda.
     
    SAU didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena beserta istrinya tercinta, Uum Sumiati. Dengan kemauan dan dedikasi yang kuat untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya tradisional sunda. Dalam perjalanannya, SAU mengilustrasikan alam dan budaya dalam keharmonisan, jatidiri kearifan lokal budaya Sunda. Sehingga  tidak mengherankan jika saat ini, SAU menjadi destinasi wisata kebudayaan Sunda sebagai warisan cagar budaya dunia.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus