Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur : Pembahasan Gunung Padang Harus Dituntaskan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_00392.jpg
    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengharapkan semangat pembahasan Gunung Padang pada pelaksanaan Gotrasawala dapat mengungkap kejayaan masa lalu, yang mungkin dapat mengubah sejarah Indonesia, hal tersebut diungkapkan ketika membuka Gotrasawala: West Java Global Cultural Gathering, di Hotel Savoy Homann Bandung, Jum'at (6/12)
     
    "Di media sosial saya dikritik tentang sebutan Gunung Padang, mereka mengartikan  kata Padang  sebagai salah satu kota di Sumatera, mereka mengomentari seperti tidak ada kata lain di Jawa Barat,  padahal kata  Padang dalam bahasa sunda  artinya caang (terang), luas" ujar Ahmad Heryawan.
     
    Heryawan mengatakan pembahasan Gunung Padang sendiri juga  menimbulkan pro dan kontra. "Seakan menjadi ciri di masyarakat kita, tidak rame kalau tidak ada pro dan kontra, namun saya tegaskan pembahasan Gunung Padang harus tuntas agar pro kontra tersebut juga tuntas, " tegas Heryawan.
     
    Oleh karena itu, menurut Gubernur,  penelitian juga harus dilanjutkan. Untuk mendukung penelitian luas kawasan Gunung Padang yang semula ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seluas 1,7 Ha,  melalui Peraturan Gubernur diperluas menjadi 25 Ha. "Kebijakan tersebut dilaksanakan  untuk memperluas dan  mempermudah penelitian,"  jelas Heryawan.
     
    Melihat respons para ahli luar negeri  yang hadir sampai membatalkan acara di negaranya, Heryawan melihat hal tersebut menunjukan Gunung Padang  menarik untuk dibahas. "Jika  para ahli  bangsa  lain begitu peduli,  apalagi kita sebagai  warga pemiliknya harus  semangat mendorong penelitian, hasil  penemuan ini kemungkinan akan merubah sejarah," ujar Heryawan. 
     
    Sementara itu Wakil menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Windu Nuryanti mendukung  pelaksanaan  dialog  kebudayaan seperti Gotrasawala  hal ini diharapkan memberikan inspirasi untuk selalu mencari dan membangun kebudayaan ke depan.
     
    Hadir pada acara tersebut Wakil Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI, bidang Kebudayaan Prof. Dr.Windu Nuryanti, Wakil Gubernur Deddy Mizwar, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Kementrian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Prof.Dr. I Gde Pitana,  Wakil Ketua DPRD UU Rukmana,  Sultan Sepuh pada Kesultanan Cirebon, OPD Provinsi, narasumber dan undangan lainnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus