Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kota Bandung Luncurkan BiRMS

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/_AUL1632_resize.jpg
    BANDUNG-Teknologi Informasi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja, tetapi juga sudah sampai ke masyarakat yang ada di pedesaan.
     
    Seiring dengan peradaban manusia yang diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi, bahwa Teknologi Informasi atau IT, saat ini tidak hanya digunakan untuk penyampaian informasi saja, tetapi juga digunakan untuk berbagai hal, sesuai dengan kebutuhan manusia.
     
    Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda dengan membuat BANDUNG INTEGRATED RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM atau  di singkat BIRMS, yang hari ini di diresmikan penggunaannya.
     
    Kepala Bappeda Kota Bandung, Gunadi Sukma Bhinekas mengatakan, dengan diremikannya BIRMS ini, ke depan, urusan birokrasi di Kota Bandung akan terintegrasi secara IT, mulai dari perencanaan angggaran hingga penyerapan anggaran akan diketahui dengan mudah.
     
    “Dengan sistem BIRMS, perencanaan dan penyerapan anggaran akan diketahui dengan mudah, hanya dengan mengakses www.birms.bandung.go.id,” ujar Gunadi, dalam sambutannya di acara peresmian system BIRMS, di Hotel Papandayan, Selasa (10/12).
     
    Menurut Gunadi, BIRMS yang hari ini di launching yaitu, pengelolaan sumber daya pemerintahan yang terintegrasi dalam aktifitas birokrasi dari hulu hingga hilir dengan memanfaatkan IT dalam rangka menunjang tata kelola pemerintahan yang baik, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan tertib administrasi.
     
    Ada berbagai tujuan yang hendak dicapai dengan dibuatnya BIRMS oleh Pemerintah Kota Bandung, diantaranya, pertama, integrasi data keuangan, yaitu  Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan dengan lebih baik.
    Kedua, standarisasi proses operasi, yaitu menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas. Ketiga, standarisasi data dan informasi, yaitu menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, dari beberapa unit kerja yang beragam.
     
    Keempat,keuntungan yang dapat diukur, yaitu  peningkatan service level,  peningkatan kontrol keuangan,  penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi.
     
    Gunadi mengatakan, ada beberapa content atau aplikasi yang bisa dilihat jika kita mengakses www.birms.bandung.go.id, diantaranya,  e-Revenue atau sistem informasi pendapatan, e- City Planning atau sistem informasi perencanaan anggaran, e-Budgeting  atau sistem informasi penyusunan anggaran, e-Project Planning atau sistem informasi rincian rencana realisasi, e-Asset atau sistem informasi pencatatan aset dari belanja langsung, e-Procurement atau sistem informasi Pengadaan Barang/Jasa, e-Contract atau sistem informasi SPPBJ dan Kontrak, e-Progress atau sistem informasi penyerapan anggaran, e-Project Performance atau sistem Penilaian Kinerja Kegiatan
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus