Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masalah Ketenagakerjaan di Karawang masih Kompleks

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7914.jpg


    Karawang-Dalam menghadapi Era Globalisasi, perdagangan bebas dan kesiapan Kabupaten Karawang untuk menjadi pusat industri di Indonesia, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang menyelenggarakan Seminar Perencanaan Tenaga Kerja Kabupaten Karawang 2014 – 2018 di salah satu Rumah Makan terletak di Bilangan Interchange Karawang Barat Hari Kamis (19/12).

    Seminar tersebut dibuka secara langsung oleh Plt Sekda Kabupaten Karawang Drs.H. Teddy Rusfendi. Selaku Narasumber pada seminar tersebut yaitu dari Pusat Perencanaan Tenaga Kerja Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan turut dihadiri oleh para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Karawang serta Camat se-Kabupaten Karawang.

    Sekda menyampaikan, sampai saat ini masalah ketenagakerjaan masih cukup kompleks. Seperti angka pengangguran yang masih relatif, hingga jumlah angkatan kerja yang kian meningkat.

    Berdasarkan data Sakernas bulan agustus 2012, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Karawang sebanyak 116.365 orang atau 11,25 persen dan jumlah angkatan kerja 1.033.921 orang atau 65,41 persen dari penduduk usia kerja. Selain itu, kualitas tenaga kerja yang relatif masih rendah serta informasi pasar kerja yang relatif masih terbatas, jelas Teddy.

    Menurut Sekda Teddy, permasalahan menyangkut pengupahan pekerja yang masih rendah baik yang diakibatkan produktivitas pekerja yang masih rendah maupun akibat penerapan upah yang diterapkan oleh perusahaan. Demikian juga menyangkut keselamatan dan kesehatan kerja yang rendah, lingkungan kerja yang kurang baik, penempatan yang kurang sesuai dengan kompetensi dan kasus-kasus yang mempengaruhi para pekerja dan pengusaha yang berakibat tidak kondusifnya aktivitas Perusahaan.

    Dalam seminar tersebut sekda Juga mengatakan “ melalui kegiatan ini saya harapkan rencana tenaga kerja kabupaten (RTKK) tahun 2014-2018 yang telah disusun, dapat dimanfaatkan sebagai pijakan awal (Starting Point) pembangunan ketenagakerjaan ke depan.

    Dalam Laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang  Drs.H.Widjodjo G.S. selaku Ketua Panitia menyampaikan dasar Hukum pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor  Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Ketenagakerjaan.

    Berkenaan kegiatan perencanaan Tenaga Kerja Daerah telah dilaksanakan tahap demi tahap, mulai dari perencanaan kegiatan, Rapat rapat dalam rangka menyatukan persepsi, perumusan kebijakan diberbagai sektor, sampai dengan tahap akhir yaitu Seminar yang dilaksanakan pada Hari ini.(@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus