Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Desa Mekar Jaya Rintisan Desa Layak Anak

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7981.jpg

    KAB. BANDUNG-Ketua Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Prov. Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan pembentukan Deputi Tumbuh Kembang Anak di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI menandakan pemerintah memiliki sebuah visi pada perkembangan anak-anak. Langkah ini kemudian diikuti inisiasi akan perlunya Kota/Kab Layak Anak di Indonesia karena saat ini situasi lingkungan sudah sangat mengerikan bagi anak-anak. 

    Netty menambahkan, Komisi Perlindugan Anak Indonesia bahkan mendeklarasikan bahwa tahun ini merupakan tahun darurat kekerasan seksual pada anak. 

    Untuk itu, menurut Netty, anak seharusnya mendapatkan perlindungan dan dukungan, bukannya perlakuan diskriminasi dan kekerasan dari orang tua mereka sendiri. "Jika sistem perlakuan dan pengasuhan terhadap anak salah maka akan berkurangnya penerus tongkat kepemimpinan bangsa yang berkualitas," jelasnya.  

    Atas dasar itulah Forum PAUD memilih dan meresmikan Rintisan Desa Layak Anak Prov. Jabar di Desa Mekar Jaya Kec.Arjasari Kab. Bandung, Selasa (31/12). Desa rintisan ini adalah sebagai upaya untuk menjadi percontohan Desa Layak Anak. 

    Netty mengatakan, unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga dan unit terkecil dalam pemerintah adalah desa. "Maka modal dasar sistem pengasuhan dan pendidikan pada anak usia dini ada di keluarga. Sebagai orang tua harus dapat memberikan contoh yang baik sehingga terbentuk karakter anak-anak bangsa yang baik dan terdidik. Serta adanya dukungan dari pihak terkait untuk dapat mengedukasi masyarakat," tutur Netty.

    Kepala Desa Mekar Jaya berharap, semoga program ini akan mengangkat potensi dari desa kami sehingga dapat memajukan Desa Mekar Jaya.

    Pengembangan layak anak ini akan berorientasi pada hak sipil anak-anak di masyarakat, seperti akte kelahiran bagi anak-anak serta kelengkapan ibadah, pendidikan, kesehatan, perlindungan dan pengasuhan. Peresmian Model Desa Layak Anak Jawa Barat dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus