Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jumlah Bangunan di KBU Mendekati Batas Kewajaran

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8074.jpg

    BANDUNG-Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM menilai pembangunan di kawasan Bandung Utara yang merupakan kawasan resapan air, saat ini tidak memertimbangkan permasalahan ketersediaan air.

    Kepala Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan, Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar mengatakan, penyerapan air saat hujan di kawasan Bandung Utara saat ini sudah mulai berkurang, menyusul adanya alih fungsi lahan untuk pembangunan pemukiman, hotel maupun apartemen.

    “Kawasan Bandung Utara (KBU) saat ini ditumbuhi tiang-tiang beton sehingga  potensi imbuhan air tanah Cekungan Bandung berkurang,” ujarnya.

    Menurut Rudy, Peraturan Gubernur (Pergub) yang isinya tentang pembatasan jumlah hunian di setiap kecamatan dinilai belum mampu untuk mengurangi adanya alih fungsi lahan di KBU.
     
    “Hasil survei yang kami lakukan, ada beberapa kecamatan di KBU yang jumlah huniannya mendekati batas itu. Bahkan, ada yang melampui batas hunian sesuai Pergub," kata Rudy, kepada wartawan dalam diskusi di Gedung Badan Geologi, Bandung, Kamis (16/01) kemarin.

    Rudy mengatakan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlunya penegakan aturan oleh pemerintah daerah yang masuk dalam KBU dengan cara memberikan teguran yang keras kepada mereka yang dinilai melanggar aturan.

    “Penda harus tegas dalam menegakkan aturan jika ingin KBU berfungsi sesuai peruntukannya sebagai wilayah resapan air,” ucapnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus