Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Forum DAS Citarum Ungkap Kerusakan Lingkungan Citarum

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8174.jpg

    BANDUNG,Forum DAS Citarum (30/1) bertempat di Rumah Makan Sari Bandung menggelar konpres. Ketua Forum DAS Citarum, Eka Santosa dalam penjelasannya mengungkapkan kerusakan lingkungan di DAS Citarum.

    Kerusakan lingkungan di lokasi tersebut jelas Eka persoalan lingkungan yang terjadi saat ini, di tahun 2010,tercatat ada 64 sungai dalam keadaan rusak parah, untuk Sungai Citarum merupakan sungai terkotor di dunia.

    di beberapa titik antara lain Waduk Cirata telah menjadi tempat pembuangan sampah dan di lokasi tersebut dijadikan areal
    komersial.Padahal di area ini, merupakan areal konservasi.

    Sehubungan dengan banyaknya masalah lingkungan yang terjadi di sekitar Sungai Citarum Forum DAS Sungai Citarum memberikan beberapa rekomendasi sebagai solusi atas munculnya masalah tersebut.

    Rekomendasi tersebut,  Gubernur Jabar sesuai dengan kewenangan yang dimiliki diminta mengembalikan fungsi hutan lindung di hulu Sungai Citarum, menindak tegas kepada pelaky yang membuang kotoran sapi di sepanjang Sungai Citarum dari hulu ke hilir serta bagi mereka yang membuang limbah industri diminta diselesaikan secara hukum.

    Rekomendasi berikutnya, mendesak pemerintah untuk segera melarang pemanfaatan Waduk Saguling dan Cirata untuk perikanan karena air di lokasi tersebut sudah tercemar berat karena mengandung logam berbahaya.

    Rekomendasi, lainnya ujar Eka mendesak kepada Gubernur Jabar untuk berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta mengenai pemanfaatan air baku karena 80 persen air baku DKI berasal dari Waduk Jatiluhur yang notabene berasal dari Sungai Citarum. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus