Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jakob Sumardjo: Kujang Mewakili Pola Hidup Sunda

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8230.jpg

    BANDUNG – Budayawan Jakob Sumardjo menjelaskan, bentuk senjata atau pekakas khas Jawa Barat Kujang, mewakili palsapah hidup orang Sunda. Hal itu dijelaskan Jakob saat menjadi salah seorang pembicara kunci dalam ‘Gebyar Pesona Kujang’ di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jl. Perintis Kemerdekaan Bandung, Senin (10/2).

    “Bentuk Kujang itu terdiri dari 3 unsur, yaitu bagian tajam, tumpul dan tajam-tumpul. Dalam kearifan Sunda, ketiga unsur itu tidak akan mengalahkan satu sama lain, melainkan bisa diharmonisasikan” katanya.

    Jakob juga menjelaskan, dalam pola kehidupan palsapah Sunda juga mengenal 3 unsur prilaku manusia yang selaras dengan yang disimbolkan dalam bentuk Kujang.

    “Dalam palsapah hidup orang Sunda itu dikenal 3 unsur prilaku yaitu tekad, ucap, lampah, atau niat, ucapan dan perbuatan. 3 unsur itu harus selaras dalam kehidupan manusia” jelasnya.

    Menurut Jakob Sumardjo, dalam kosmologi modern, penyelesaian 2 unsur yang berbeda itu harus menghilangkan satu unsur diantaranya, tetapi dalam kosmologi Sunda tidak demikian.

    “Dua unsur yang saling bertentangan seperti tajam dan tumpul dalam Sunda itu bisa diharmonisasikan sehingga tidak menghilangkan satu sama lain. Dan itu terwujud dalam bentuk Kujang yang memiliki bagian tajam dan juga ada yang bagian tumpulnya. Semua bisa digunakan” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus