Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Warga Dapat Penghasilan dari Melipat Surat Suara Pemilu

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8305.jpg

    CIMAHI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mulai Rabu (19/2) melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD (Pemilu Legislatif) Tahun 2014. Penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh warga sekitar kantor KPU Kota Cimahi itu, dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

    “Yang mendaftar ada 167 orang warga untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu Legislatif 2014 ini, tapi yang datang hanya 147 orang, yaitu laki-laki sebanyak 89 orang dan perempuan sebanyak 58 orang,” kata Kepala Sub Bagian Logistik KPU Kota Cimahi, Priatna di Kantor KPU Kota Cimahi, Jalan Kamarung 64, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Rabu (19/2).

    Priatna menjelaskan, para warga yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara itu, adalah warga yang tempat tinggalnya di sekitar kantor KPU Kota Cimahi, yaitu dari Kelurahan Citeureup dan Kelurahan Cibabat. Di samping itu, ada juga warga dari kelurahan lain, kenalan karyawan KPU Kota Cimahi.

    Warga yang melakukan penyortiran dan pelipatan tersebut, menurut Priatna, akan diberi upah atau penghasilan, yaitu setiap satu buah surat suara yang dilipat dihargai Rp 150, termasuk pajak.
    Hingga pukul 12.00 WIB, menurut Priatna, para penyortir menemukan 9 surat suara yang rusak karena sobek.

    Bandi, salah seorang warga yang melakukan penyortiran surat suara Pemilu itu bersama seorang temannya, Wawan, dari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dapat menyelesaikan 1.000 surat suara. Sehingga hingga pukul 14.00 WIB, Bandi dan Wawan mendapatkan upah Rp 150.000, termasuk pajak, atau masing-masing Rp 75.000, termasuk pajak.

    “Alhamdulillah dari melipat surat suara untuk Pemilu Legislatif 2014 ini, saya mendapat penghasilan,” kata Bandi kepada jabarprov.go.id.

    Surtinah, warga Cibabat yang juga melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara mengaku hanya dapat menyelesaikan 300 surat suara, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Sehingga Surtinah selama 6 jam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, baru bisa mengumpulkan penghasilan 300 X Rp 150 atau Rp 45.000, termasuk pajak.

    “Masih ada waktu dua jam lagi, Insya Alloh bisa mencapai 400 sampai 500 surat suara,” katanya.
    Baik Bandi, Wawan maupun Surtinah merasa bersyukur karena dapat berpartisipasi melakukan penyoritan dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2014. Pasalnya, selain dapat berpartisipasi menyukseskan Pemilu, juga mendapatkan penghasilan tambahan. (enal) 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus