Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyelesaian Aspek Sosial Waduk Jatigede Tunggu Perpres

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8357.jpg

    BANDUNG-Dalam rangkaian penyelesaian pembangunan Waduk Jatigede, tahapan berikutnya akan dilaksanakan penyelesaian dampak sosial dari pembangunan waduk tersebut.

    Hal demikian, diungkapkan Kepala BAPPEDA Jabar, Deny Djuanda dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (25/2).

    Deny atas hal tersebut memaparkan, untuk menuntaskan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres).

    Awalnya Perpres tersebut akan diterbitkan Januari 2014 tetapi belum selesai. Rencana tersebut menurut informasi yang diterima baru akan dilaksanakan akhir Maret 2014.

    Dengan terbitnya Perpres, menjadi landasan hukum untuk menyelesaikan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede sehingga nantinya tidak akan ada lagi perdebatan soal penyelesaian dampak sosial tersebut.

    Melalui Perpres tersebut, berbagai penyelesaian dampak sosial akan diselesaikab diantaranya ganti rugi lahan masyarakat yang digunakan untuk waduk, dimana untuk penyelesaian ini masyarakat meminta agar pengganti diberikan dengan uang yang besarannya ekuivalen dengan harga lahan tersebut.
    Soal kewajiban tersebut, berdasarkan jumlahnya untuk masyarakat yang harus mendapatkan uang pengganti lahan dan bangunan  sebanyak 4.650 KK, jelas Deny.

    Hal lain yang harus disiapkan dalam penyelesaian dampak sosial Waduk Jatigede, antara lain dana pengganti aktivitas usaha penduduk, dana bongkar bangunan dan uang pindah.

    Untuk kewajiban ini,  ada 5.000 KK masyarakat , dengan demikian ujar Deny secara keseluruhan untuk menyelesaikan  dampak sosial Waduk J tigede kurang lebih mencapai 10.000 KK. (Nur)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus