Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Forum Lurah Garut Mohon Stimulus Infrastruktur

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8481.jpg

    GARUT - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), dalam kunjungan kerjanya di beberapa lokasi di Kabupaten Garut, Sabtu (15/3), menegaskan kembali komitmennya untuk memacu pembangunan daerah ini.

    Saat bertemu Forum Lurah Garut, Ahmad Heryawan yang didampingi Wakil Bupati Helmi Budiman, para lurah memaparkan sejumlah permasalahan yang dihadapinya. 

    "Salah satunya, persoalan infrastruktur jalan. Kami berharap, Pak Gubernur memperjuangkan kelurahan juga memperoleh anggaran stimulus untuk perbaikan insfrastruktur jalan kelurahan," kata Asep Mulyana, ketua Forum Lurah Garut.

    Menganggapi aspirasi para lurah, Gubernur mengatakan, dana infrastruktur untuk kelurahan memang belum ada. Sementara lebih lima ribu desa di Jawa Barat menerima Rp100 juta.

    "Permintaan para lurah ini masuk akal karena tidak sedikit kelurahan yang kondisinya lebih minim infrastruktur jalannya, antara lain, dibanding desa," papar Gubernur. 

    Ditambahkan, pendekatan masalah kelurahan tentu memakai peraturan mengenai kelurahan. Tidak mungkin, solusi persoalan kelurahan diupayakan memakai peraturan tentang desa.

    Atas berbagai persoalan yang dipaparkan para lurah, Gubernur Heryawan menegaskan, prinsip penyelesaiannya melalui upaya mengeluarkan Garut dari status kabupaten tertinggal.

    "Saya minta kepada Bupati dan Wakil Bupati bekerja keras untuk mengeluarkan Garut dari kabuten kategori 'T', yakni tertinggal. Saya beri waktu dua tahun, jangan lama-lama," tandas Aher kepada Helmi, wakil bupati Garut.

    Aher sendiri yakin Bupati Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Helmi Budiman dapat segera membawa Garut keluar dari status tertinggal. "Mudah-mudahan Bupati dan Wakil Bupati ini menjadi rezeki bagi orang Garut," kata Aher lagi, yang diamini para lurah.

    Pemerintah Kabupaten Garut mencatat jumlah desa tertinggal di Garut sebanyak 168, dan sangat tertinggal 39 desa. Jumlah desa di Garut 403 desa. Selain itu terdapat 21 kelurahan.

    Di kabupaten yang terletak di kawasan Selatan Jawa Barat ini terdapat sekitar 8.000 km yang rusak. Selain itu, sektor perlu mendapat perhatian serius yakni pendidikan dan kesehatan.

    "Kita akan kerja keras memenuhi harapan warga itu. Karenanya, aspirasi para lurah juga perlu diperhatikan," kata Wakil Bupati Garut, menanggapi target yang disampaikan Gubernur Heryawan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus