Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelepasan Ekspor Perdana 1000 Unit Sedan Vios

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8551.jpg

    KARAWANG-Bupati Karawang H. Ade Swara hadiri event yang diselenggarakan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang Plant atau pabriknya berlokasi di Kabupaten Karawang yaitu di Kawasan KIIC Kec Telukjambe Kabupaten Karawang.

    Pabrik ini mengekspor produknya, Vios, dalam volume besar ke negara ASEAN dan Timur Tengah. 

    Acara Vios Export to Middle East Countries Ceremony" dipusatkan di pabrik Toyota Karawang 2, Karawang, pada  Rabu (26/3).

    Ekspor mobil sedan ini ditargetkan mencapai ribuan unit per bulannya. Ini merupakan pertama kali di Indonesia. Prosesi pelepasan itu sendiri juga dihadiri oleh 2 Menteri sekaligus yaitu Menteri Perindustrian RI MS Hidayat dan Menteri perdagangan RI definitif yang baru yaitu Muhammad Luthfi. Prosesi ditandai dengan menekan sirine dan pengguntingan pita sebagai tanda dilepasnya kontainer 3 grup pertama perdagangan yang di Eksport tersebut.

    Dalam Sambutannya Bupati Karawang H Ade Swara, mengungkapkan, bahwa  “terlaksananya peluncuran export pertama toyota vios ini, mudah-mudahan dapat memperkuat keberadaan toyota di indonesia pada umumnya dan di kabupaten karawang pada khususnya. Selanjutnya pada kesempatan ini saya secara pribadi dan atas nama pemerintah kabupaten karawang mengucapkan “selamat” atas prestasi dan kebehasilan yang telah dicapai oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, jelas Ade Swara.

    Hal ini, cukup membanggakan sekaligus menunjukkan  pesatnya pertumbuhan dunia usaha yang bergerak di bidang otomotif. Kemudian saya mengucapkan “terima kasih” dan “penghargaan yang tinggi” kepada jajaran PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia atas prakarsanya yang telah membantu dan melaksanakkan CSR di Kabupaten Karawang saat ini telah berikan beasiswa kepada SMP Telukjambe, SMK N 3 Karawang dan Unsika Karawang.” Imbuhnya.

    Terakhir, saya juga berharap dengan keberadaan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari pengembangan kawasan industri KIIC, dapat memperkokoh keterkaitan yang kuat dan saling mendukung antara sektor pertanian yang tangguh dan sektor industri yang maju dalam rangka memperkokoh struktur ekonomi kerakyatan, serta meningkatkan pembangunan industri yang mampu menunjukkan kemandirian dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Tutupnya 

    Sementara itu Presiden Direktur Toyota Manufacturing Motor, Masahiro Nonami, mengatakan, Vios mulai diekspor ke Brunei Darussalam dan Singapura sejak Desember 2013. Sekarang diikuti dengan ekspor ke negara-negara kaya minyak seperti Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, dan Yaman.
    "Rencananya, sekitar 1.000 unit Vios akan diekspor per bulannya pada tahap awal sebelum meningkat ke angka 3.000 unit per bulan,". Ujarnya 

    Lebih lanjut Managing Officer Toyota Motor Corporation, Hiroyuki Fukui, mengklaim peningkatan aktivitas ekspor memperkuat posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan suplai kendaraan multiguna serta sedan secara global.
    "Toyota menempatkan Indonesia sebagai basis produksi dan suplai yang sangat penting. Toyota Indonesia telah terbukti kualitas dan kredibilitasnya sebagai basis produksi serta suplai kendaraan multiguna seperti Kijang Innova dan Fortuner," kata Fukui. 

    Sebagai tambahan Informasi, Pabrik Toyota Karawang 2 yang menelan investasi sebesar Rp 3,3 triliun dan berkapasitas 120 ribu unit per tahun memproduksi Vios, Etios Valco, Limo, dan Yaris (diproduksi awal April ini).

    Fasilitas produksi Toyota lainnya, Pabrik Toyota Karawang 1, memproduksi Kijang Innova dan Fortuner dengan kapasitas produksi 130 ribu unit per tahun. Totalnya, pabrik-pabrik Toyota Indonesia berkapasitas 250 ribu unit per tahun. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus