Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Evaluasi Polda Jabar Kampanye Di Jabar Aman

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8627.jpg

    BANDUNG. Penyelenggaraan kampanye Pemilu Legislatif  (Pileg) tahun 2014 telah selesai. Sehubungan dengan hal tersebut, jajaran Polda Jabar telah melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan kampanye Pileg. Hasil evaluasi atas penyelenggaraan kampanye, kondisi di seluruh Kota/Kabupaten dinyatakan aman dan kondusif. Hal demikian, dipaparkan Kapolda Jabar, Irjen Pol, M. Iriawan dalam jumpa pers yang berlangsung di Lapangan Gasibu Jl. Diponegroro Bandung (7/4).

    Kapolda Jabar, dalam  penjelasannya memaparkan untuk kondisi Jabar dalam suasana kampanye, berdasarkan hasil analisa ada dalam situasi umum aman dan kondusif. Pelaksanaan kampanye berjalan tertib. Hal ini membukti kan masyarakat Jabar sudah dewasa dalam berpolitik.

    Polda Jabar, selama kampanye juga memproses kasus tindak pidana di beberapa daerah di Jabar. Untuk kasus tindak pidana kini tengah  dalam proses penyidikan yang ditangani oleh beberapa Polres diantaranya Polres Banjar dengan dugaan tindak pidana kampanye di luar jadwal. Serta Polres Sumedang dan Polres Subang dengan dugaan tindak pidana kampanye yang dilakukan oleh kades.

    Dalam proses kampanye tersebut, jajaran Polda Jabar juga juga telah menindak peserta kampanye yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Untuk kasus pelanggaran lalu lintas, jumlah tilang mencapai  3221 kasus  serta teguran untuk pelaku pelanggaran lalu lintas  sebanyak 2.723 kasus.

    Menghadapi  pelaksanaaan pemungutan suara, jumlah personil  yang diurunkan mencapai 1/3 kekuatan untuk suasana  masa tenang dan 2/3 pada masa pencoblosan. Dalam pelaksanaan pencoblosan, tidak ada tugas untuk jajaran Polri untuk mengeluarkan statement dalam perhitungan suara, yang  hanya dilakukan oleh jajaran Polri adalah mencatat perolehan suara.

    Berkenaan dengan pelaksanaan Pemilu, seTtp TPS dikawal Polisi dan Polisi akan bertugas mengawal surat suara. Pengawalan dilaksanakan sampai penyerahan kotak suara ke KPU. TPS khusus juga dikawal Polri, diantaranya TPS di Lapas, TPS di lokasi tersebut sudah  diantisipasi untuk mengakomodir para tahanan untuk dapat me nyalurkan hak pilihnya yang di Jabar tercatat sebanyak 340 orang. Pengawalan juga dilaksanakan di TPS yang disediakan di rumah sakit.

    Kapolda, dalam bagian lain keterangannya memaparkan dalam Pemilu Polri netral, jika ada anggota yang terbukti tidak netral sesuai dengan instruksi Kapolri akan ada sanksi dalam bentuk pemecatan. Netralitas Polr, dalam Pemilu salah satunya  dibuktikan dalam Pemilu aparat Polri tak menyentuh kotak suara.

    Dalam rangka pengamanan Pemilu, kekuatan cadangan sudah disiapkan, untuk  BKO dari TNI. Daerah rawan di Jabar tidak ada yang dipetakan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus