Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KUMKM Berikan Manfaat Nyata Untuk Pembangunan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8805.jpg

    BANDUNG. Keberadaan KUMKM di Jawa Barat banyak berorientasi terhadap  tatananpembangunan di segala bidang khususnya dalam laju pertumbuhan dan strukturekonomi.  Hal  ini  mendorong  perhatian  Pemprov  Jawa  Barat  menempatkanKebijakan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM menjadi prioritas utama. Hal demikian, ditegaskan Kadis KUKM Jabar, Anton Gustoni dalam salah satu kegiatan di Bandung (5/5).

    Kondisi tersebut, papar Anton cukup beralasan karena koperasi dan UMKM memberikankontribusi  yang  cukup  besar  terhadap  PDRB  Jawa  Barat  pada  2011  sebesar 54,20%. Jumlah koperasi pada 2013 mencapai  25.252  unit, yang aktif  14.042unit  dengan  jumlah  anggota  mencapai  5.280.000  orang.  Sementara  UMKMjumlah mencapai 9,1 juta unit usaha.

    Koperasi , jika  dikelola dengan  baik  dan  amanah  oleh  pengurusnya,  koperasi  ternyata mampu memberikan manfaaat dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

    Dari hasil kunjungan ke beberapa koperasi besar dan koperasi yang dikelola kaum  perempuan,  diantaranya di Subang terungkap koperasi di lokasi tersebut   menjadi  besar  dan  mensejahterakan  anggotanya karena pengurusnya amanah dan kreatif seerta inovatif dalam mencari berbagaipeluang  usaha.  Terutama  koperasi  yang  dikelola  kaum perempuan 

    Seiring dengan meningkatnya keinginan masyaraka tuntuk berkoperasi, tentu harus diikuti dengan adanya pemahaman yang benar oleh masyarakat mengenai seluk beluk berkoperasi sesuai dengan prinsip-prinsipkoperasi.  Namun  pada  kenyataannya,  pemahaman  mengenai  koperasi  yang benar masih jauh dari harapan.

    Selanjutnya, ujar Anton komitmen  diantara  pengurus,  pengawas  dan  anggota  perlu  dikuatkan dalam mengembangkan koperasi  sehingga  manfaat  koperasi  dapat  dirasakan oleh  semua  anggota  dan  kesejahteraan  dapat  terwujud.  (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus