Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perluasan Jaringan Pelayanan Masyarakat Berbasis TI

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8816.jpg

    BANDUNG-Jaringan pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi (IT) akan terus diperluas di Wilayah Kabupaten Bandung. Hal itu sangat dimungkinkan, mengingat Kabupaten Bandung memiliki wilayah cukup luas sekitar 176.293 Ha dengan jumlah penduduk ± 3,4 juta jiwa.

    Untuk maksud tersebut, Pemkab Bandung melakukan kerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dalam bentuk penandatanganan naskah kesepakatan yang dilakukan Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip dan General Manager Jabar Tengah PT. Telkom, Sundoyoadi di Bale Winaya- Soreang, Selasa (6/5).
     
    Turut hadir Bussiness Acount Manager PT. Telkom, Ny. Zakiah, Senior Account Manager Pt. Telkom Ny. Isti Ayu Sofianti, Kepala Bapapsi H. Slamet Mulyana, S.Ip, M.Si, Ketua Forum Camat se-Kabupaten Bandung A. Rizki Nugraha, S.Ip.

    Perluasan jaringan pelayanan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi ini menurut Dadang M. Naser telah menjadi perhatian serius Pemkab Bandung. Karena letak geografis Wilayah Kabupaten Bandung didominasi oleh areal pegunungan dan perkebunan, disamping penyebaran penduduk yang tidak merata di 31 kecamatan.

    Dengan adanya perluasan pelayanan informasi ini, kita akan lebih mudah melakukan pemantauan kondisi daerah mulai dari pelayanan masyarakat, kondisi obyek wisata hingga pemantauan arus lalu lintas, ungkap Dadang.

    Bahkan ia mengakui, perluasan jaringan teknologi informasi tersebut sudah menjadi cita-citanya sejak dilantik menjadi Bupati Bandung.

    Perkembangan teknologi informasi yang kini tengah berlangsung diseluruh dunia, menurut Sundoyoadi bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dibidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan, pariwisata serta pelayanan untuk pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat akan lebih cepat, mudah dan fleksibel kata Sundoyoadi.
    Usulan program yang diusung PT. Telkom dalam kerjasama tersebut, meliputi system penanganan gawat darurat, system informasi Puskesmas dan Dinas Kesehatan, Indischool, aplikasi komunitas pendidikan terpadu, e-office, e-government, Umeetme, e-PBB, system informasi kelurahan RT/RW Net dan SMS broadcast.

    Kesepakatan bersama antara Pemkab Bandung dengan PT. Telkom, Tbk menurut Kepala Bapapsi Kab. Bandung Slamet Mulyana dimaksudkan untuk membangun komitmen dalam mendukung implementasi “Kabupaten Bandung Sabilulungan Online”.

    Tujuannya antara lain untuk mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan public dilingkungan Pemkab Bandung dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi, jelas Slamet.

    Pada saat yang sama, PT Telkom memberikan bantuan berupa 5 unit computer ditambah 1 unit smartphone untuk rintisan perpustakaan elektronik, serta pemasangan titik-titik WIFI di area public Kabupaten Bandung.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus