Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Waduk Jatigede Optimis Terealisasi Tahun 2014

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8856.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar optimis rencana pembangunan Waduk Jatigede akan sesuai dengan rencana yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, setidaknya waduk tersebut dapat digenangi air dalam Oktober tahun 2014, papar Kepala Bappeda Jabar, Deny Juanda dalam keterangannya kepada wartawan di Kantor DPRD Jabar (14/5).

    Deny, lebih lanjut memaparkan Pemerintah Pusat melalui Menko Perekonomian, dalam rangkaian rencana pembangunan Waduk Jatigede sudah mempersiapkan langkah-langkah  teknis, diantaranya tim pelaksana yang dibentuk mulai dari tingkat Kabupaten sampai Pemerintah Pusat. Sistem ini kini sudah .

    Untuk posisi Mei 2014, sejalan dengan rencana teknis tersebut, sudah berjalan proses klarifikasi dan validasi untuk masyarakat yang terkena ganti rugi, sebagai akibat kawasan rumah tempat tinggalnya dipakai area Waduk Jatigede.

    Untuk masyarakat yang terkena proyek Waduk Jatigede, pemerintah mempersiapkan relokasi dan dana untuk transportasi jika mereka berencana pindah ke tempat yang baru. Proses verifikasi kini sudah berjalan 70%.

    Tim validasi, dibentuk dari kalangan independen, tim ini selanjutnya yang menghitung berapa dana yang patut dialokasikan untuk relokasi penduduk dan jaminan hidup penduduk selama belum mendapatkan tempat tinggal yang baru, untuk besaran dana jaminan dihitung dalam skala  waktu per bulan dan dengan mempertimbangkan berapa lama jaminan hidup masyarakat yang terkena relokasi bisa diselesaikan.

    Untuk rencana penggenangan air yang sudah direncanakan Oktober 2014, penentuan rencana tersebut didasarkan perhitungan untuk kurun waktu mulai Bulan September merupakan kurun waktu musim penghujan sehingga tepat jika rencana penggenangan air pertama di Waduk Jatigede tepat berlangsung di Bulan Oktober. Pertimbangan ini, menunjukkan operasionalisasi Waduk Jatigede pertama tak ada kaitan dengan suksesi kepemimpinan nasional.

    Proses penyelesaian pembangunan Waduk Jatigede, ujar Deni kini sudah berjalan kondusif. Pelaksana di daerah merespon arahan dari Menko Perekonomian yaitu untuk penyelesaiannya memperhatikanaspek tata kelola. (Nur)
     

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus