Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aset atau Barang Miliki Fungsi Strategis

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8901.jpg

    KARAWANG-Aset atau barang daerah merupakan sumber daya ekonomi milik daerah yang mempunyai peran dan fungsi yang strategis bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. untuk itu, aset yang ditata dan dikelola dengan baik dapat menjadi potensi sumber pembiayaan pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintah daerah serta dapat pula meningkatkan pendapatan asli daerah (pad) dalam jumlah yang signifikan. Namun jika tidak dikelola dengan semestinya, aset tersebut justru menjadi beban biaya pemerintah daerah karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan dan juga turun nilainya, seiring dengan perjalanan waktu.

    Hal demikian itu, merupakan pesan-pesan bupati Karawang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H.Tedi Rusfendy.S pada acara pembukaan Bimbingan Teknis Sensus Barang milik Daerah Kabupaten Karawang Tahun 2014 yang diselenggarakan di Gedung Singaperbangsa Lantai III komplek Pemda Karawang, Selasa (20/5).

    Menurut bupati, dari beberapa peraturan tentang pengelolaan barang milik daerah, aset merupakan semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD atau perolehan lainnya yang sah, baik yang bergerak maupun tidak bergerak ataupun merupakan satuan tertentu yang dapat dinilai, dihitung, diukur ataupun ditimbang termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan kecuali uang dan surat berharga lainnya.

    Lanjutnya, “disisi lain, sejalan dengan kegiatan kita pada hari ini, kiranya perlu saya sampaikan, bahwa dalam rangka menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang milik daerah, yakni barang yang dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja daerah serta perolehan lainnya yang sah, diperlukan adanya kesamaan persepsi serta langkah secara integral dan menyeluruh dari segenap unsur terkait, tandasnya.

    Namun demikian Bupati menyambut baik kegiatan bimtek ini, dengan harapan agar para pengelola barang milik daerah, benar-benar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan tuntutan dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada yang bersangkutan.

    Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala DPPKAD Hadis Herdiana, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, jajaran panitia penyelenggara, serta para narasumber. (@opa)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus