Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Juarai Apresiasi Media Pertunjukan Rakyat Nasional

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8927.jpg

    PADANG-Melalui peran dalam cerita rakyat Situ Bagendit,  Tim kesenian media tradisional provinsi jawa barat menjadi pemenang pertama dalam festival seni pertunjukan rakyat tingkat nasional di kota Padang yang digelar Kementrian Kominfo (25/5). Dalam helaran rangkaian kegiatan Pekan Informasi Nasional (PIN) tersebut,  Tim Jabar memperoleh point tertinggi diantara 8 finalis dari provinsi lain,  diantaranya Kaltim, Sumut, Sumsel, Papua, DI Yogyakarta, Jatim.
     
    Tim kesenian yang dikirim mewakili Jawa Barat adalah  mitra kerja Dinas Kominfo Prov Jabar yakni FK METRA (Forum Komunikasi Media Tradisional), dibawah asuhan Benny Buldansyah. Team berhasil menyuguhkan pertunjukan rakyat tradisional yang atraktif, dengan mengangkat legenda rakyat Jabar, Situ Bagendit.  Sebuah legenda yang mengajarkan kepada kita untuk pandai bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh-Nya. Mensyukuri keberlimpahan yang diberikan oleh yang Maha kuasa melalui keikhlasan berbagi dengan saudara-saudara yang membutuhkan.

    Pertunjukan  situ bagendit mengingatkan masyarakat jawa barat untuk tetap berpegang pada sifat silih asah, silih asih dan silih asuh.

    Terhadap prestasi yang diraih, Kepala dinas kominfo provinsi Jabar, Dudi Sudrajat Abdurachim, selaku penanggungjawab kegiatan mengucapkan terima kasih kepada segenap pelaku seni tradisional dan jajaran pemprov jabar. Kemenangan ini merupakan aktualisasi dari keberhasilan Pemprov Jabar dalam membina, mengembangkan dan melestarikan seni pertunjukan rakyat tradisional sebagai media komunikasi pembangunan di Jabar.

    Sejak tahun 2008 Dinas Kominfo membina dan memanfaatkan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) sebagai media diseminasi informasi kebijakan pemerintah dan isu strategis pembangunan. Disamping itu, dapat menjadi jembatan promosi, dan media mengangkat budaya, etika dan moral bangsa.

    Kemenangan ini juga menjadi motivasi bagi para penggiat seni pertunjukan rakyat tradisional di Jawa Barat untuk terus mengembangkan dan mengasah kemampuan dalam menyuguhkan pertunjukan yang berkualitas. Walau dalam kemasan modern tetapi tetap berpegang teguh pada pakem nilai tradisional masyarakat.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus