Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disparbud Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9085.jpg

    BANDUNG-Bidang Kesenian dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menggelar  Audisi Gita Bahana Nusantara tingkat Jawa Barat, bertempat di Hotel Newton, Jl. RE. Martadinata 209, Kota Bandung, Selasa (17/6).

    Peserta yang merupakan perwakilan kabupaten kota se-Jawa Barat, diikuti 108 peserta  dan hanya 4 peserta yang terpilih untuk dikirimkan ke Gita Bahana Nusantara Jakarta, yang akan ditugaskan saat Hari kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2014.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari MM berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut menjelaskan, Audisi Gita Bahana Nusantara bertujuan sebagai alat pemersatu pemuda-pemudi serta untuk mencari bibit yang mempunyai kemampuan olah suara.

    Hal  yang paling penting dari audisi ini, ada keikutsertaan peserta-peserta sebagai bukti kecintaan terhadap seni budaya bangsa dan tanah air Indonesia.  Untuk perwakilan terbaik dari Jawa Barat, akan bergabung dengan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara yang berasal dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia dan akan melakukan pergelaran di Gedung DPR/MPR RI dan di Istana Merdeka, dalam rangka ulang tahun RI Ke-69.

    Kegiatan kenegaraan ini yang diikuti oleh peserta Gita Bahana Nusantara diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai kebangsaan mereka sebagai generasi muda dan bangsa.  Begitu juga kesempatan peserta pada saat dibina latihan bersama di Jakarta, diharapkan juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan diantara peserta yang berasal dari berbagai daerah dengan berbagai latar belakang suku, bangsa dan budaya yang berbeda. Pengalaman berharga selama mengikuti berbagai kegiatan di Jakarta, diharapkan dapat menjadi modalitas untuk mengembangkan wawasan kebangsaan yang dimilikinya.

    Bagi peserta yang terpilih, diharapkan peserta bersikap, berprilaku, berprestasi serta dapat menjaga nama baik Jawa Barat. “Begitu juga bagi peserta yang belum terpilih, tidak perlu berkecil hati karena sesungguhnya peserta yang tidak lolos, merupakan putra putri terbaik yang dimiliki Jawa Barat. Untuk peserta yang terpilih, lanjut Nunung mulai tanggal 1 Agutus 2014, peserta masuk ke pemusatan latihan, bertempat di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur.  

    Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian dan Perfilman Disparbud Jabar, Drs. Sajidin Aries, menjelaskan audisi Gita Bahana Nusantara tahun 2014, merupakan salah satu program kegiatan bidang kesenian dan perfilman Disparbud Jabar dengan melibatkan 3 orang dewan juri, 1 musisi, serta diikuti 108 peserta dari 26 kabupaten kota di Jawa Barat.

    Maksud dan tujuan diselenggarakan audisi ini untuk menanamkan kesadaran serta kepedulian pemerintah, masyarakat dan pihak terkait akan seni tradisi dan kontemporer (seni musik) di Jawa Barat, dalam upaya pelestarian pengembangan serta pemanfaatan kesenian untuk memajukan kesenian daerah Jawa Barat yang tentunya akan menghiasi khasanah budaya bangsa.
    “Tujuannya menyelenggarakan audisi untuk mencari bakat-bakat generasi muda dalam bidang seni music (vocal) yang nantinya menjadi delegasi perwakilan provinsi Jawa Barat ke tingkat nasional.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus