Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Revitalisasi Nilai, Kembalikan Fungsi & Filosofi Pancasila

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9478.jpg

    BANDUNG – Pancasila merupakan rumusan pemikiran dan kesepakatan bangsa yang berasal dari nilai agama dan kearifan lokal Nusantara. Dalam Seminar Nasional bertema ”Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Rangka Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa” di Hotel Haris, Jl. Peta Nomor 241, Bandung, Sabtu pagi (16/8), Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menilai perlunya merevitalisasi nilai ini untuk mengembalikan Nilai Pancasila yang telah digali oleh para pendiri negara ini.

    Menurut Gubernur, pasang surut terhadap Nilai Pancasila ini telah terjadi manakala pada masa Orde Baru dihadapakan pada penafsiran tunggal pada Nilai Pancasila ini. ”Tentu dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat ada pasang surutnya. Pasang surut itu ada penafsriran tunggal di masa Orde Baru yang memaksa semua masyarakat mempunyai pemahaman yang tunggal tadi”, ujar Gubernur kepada wartawan usai acara.
                              
    Pancasila merupakan kesepakatan bersama, sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya terus berkembang, tidak diam. Selain itu, nilai ini menyesuaikan dengan perkembangan jaman serta tidak mungkin ditafsirkan secara sepihak bahkan tunggal.

    Untuk itu, Gubernur pun berharap dengan adanya revitalisasi nilai-yang merupakan bagian dari sosialisasi oleh MPR saat ini, akan dapat menghidupkan kembali Nilai Pancasila untuk mengarahkan cara hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang baik.

    Sebagai sarana pembangunan bangsa, Nilai Pancasila mempunyai peranan sebagai pendorong pembangunan agar dapat bergerak cepat dan terarah menuju pembangunan yang dicita-citakan bersama. ”Jadi nilai itu mempunyai dua fungsi, dia mendorong supaya cepat. Karena apabila ada spirit, nilai itu akan cepat mendorong seseorang. Ketika ada sesuatu yang diyakini, dia akan cepat bergerak ke depan dan pada saat yang bersamaan juga-bukan hanya cepat bergerak menuju pembangunan yang kita inginkan, tetapi juga terarah”, ungkap Gubernur.    

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus