Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    HUT RI Ke-69, Wagub Serahkan 11.639 SK-Remisi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9481.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyerahkan SK Remisi kepada 11.639 Narapidana di Jawa Barat di Rutan Kebon Waru, Bandung, Minggu (17/8).

    Remisi yang diterima para napi tersebut beragam mulai dari 1 – 6 bulan. Yang tediri dari napi pidana umum, tipikor, terorisme, narkoba dan pidana khusus. Disebutkan pada upacara, dari 24 Rutan dan 26 Lapas se-Jawa Barat dihuni oleh 17.243 Narapidana. Jumlah tersebut melebihi 53% dari total kapasitas Rutan dan Lapas untuk 10.760 napi.

    Menanggapi hal tersebut Wagub mengatakan jika penambahan bangunan dan blok di Rutan dan Lapas mesti ditingkatkan. Tetapi yang mesti diutamakan adalah pembinaan dan pencegahan kriminalitas di masyarakat. Sehingga dengan sendirinya akan mengurangi jumlah narapidana, bukan memfasilitasi para pelaku kejahatan.

    “Yang kita harapkan bukan menambah blok tetapi mengurangi penghuninya melalui pembinaan. Jadi jangan sampai banyak rutan, jangan ada anggapan makin banyak bangunan makin menambah tingkat kejahatan. Jadi jangan berfikir untuk tiba-tiba menambah jumlah bangunan. Tetapi melakukan pembinaan agar jangan sampai penghuninya semakin banyak. Jadi kalau sekedar meningkatkan bangunan itu penting tetapi bukan itu yang kita harapkan. Tetapi bagaimana semakin sedikit yang melanggar aturan,” ungkap wagub.

    Selain itu wagub juga menilai baik sikap pemerintah dalam memberantas korupsi. Hal ini dibutikan dari rendahnya pelaku Tipikor yang  mendapatkan remisi, dibandingkan pelaku kejahatan lainnya.

    “Yang korupsi yang paling sedikit. Jadi pengajuan remisi bagi pelaku korupsi memang tetap diberikan, tetapi persentasenya sangat kecil. Dari 639 Cuma 39 yang mendapatkan remisi. Jadi sangat kecil yang permohonan remisinya dikabulkan,” pungkasnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus