Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Percepat Penyelesaian Persoalan Lingkungan Hidup

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9522.jpg

    BANDUNG. Pemprov. Jabar, siap mempercepat penyelesaian persoalan lingkungan hidup di beberapa wilayah di Jabar seperti KBU, karst penambangan Karawang dan PT Kahatek, ungkap Wagub Jabar, H. Deddy Mizwar dalam keterangannya kepada wartawan (21/8).

    Wagub, lebih lanjut memaparkan untuk mematangkan rencana tersebut, beberapa OPD sudah dipanggil untuk mengetahui sejauhmana langkah teknis yang sudah dipersiapkan. Pertemuan dengan beberapa OPD, juga dimaksudkan untuk mengevaluasi  langkah teknis yang sudah dilaksanakan diantaranya mengevaluasi  bagaimana langkah teknis untuk pembuatan sepadan sungai di Kawasan PT Kahatex.

    Dalam pertemuan tersebut, yang dihadiri beberapa OPD antara lain : Diskimrum, BPLHD Jabar dan Satpol Jabar,  terungkap langkah  teknis belum dilakukan. Persoalan masalah lingkungan hidup  juga terungkap yaitu penambangan Karst di Karawang  kini  sekarang kembali beroperasi.

    Dengan mempertimbangkan banyaknya persoalan lingkungan hidup yang harus diselesaikan, sambung Wagub, dijadwalkan (22/8) akan  ditandatangani MoU antara Pemprov. Jabar  dengan aparat penegak hukum masing-masing Polda Jabar dan Kejati Jabar .

    Dengan adanya MoU tersebut, langkah-langkah teknis penyelesaian persoalan hukum dapat diselesaikan seperti untuk kawasan KBU, akan dibongkar bangunan yang didirikan  di dalam lahan negara dan untuk bangunan yang dibangun di lahan  pribadi tanpa ijin akan dihentikan.

    Dengan MoU tersebut, diharapkan dapat mempercepat waktu penyelesaian persoalan hukum di Jabar. Untuk MoU tersebut, akan berlaku di semua wilayah di Jabar.

    Sementara itu, Kepala BPLHD Jabar, Anang Sudarna dalam keterangannya secara terpisah kepada wartawan mengatakan langkah teknis penyelesaian persoalan lingkungan hidup secara bertahap sudah dilaksanakan.

    Untuk Pembuatan sepadan sungai di PT Kahatex, kesiapan perusahaan sudah mencapai 50 persen . Perusahaan tersebut, sudap siap membongkar bangunan yang direkomendasikan untuk dibongkar 
    sepanjang 80 meter. 

    Prosesnya kini sedang berjalan, dalam proses tersebut waktu yang dipergunakan cukup lama karena bangunan di lokasi tersebut  kokoh. Dalam proses tersebut Pemprov. Jabar akan memonitor.

    Berkenaan dengan kembali beroperasinya penambangan di  karst Karawang,  ujar Anang perusahaan tersebut sudah diminta untuk menghentikan aksi penambangan, sambil menunggu hasil kajian. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus