Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berburu Hewan Qurban ke Cijapati

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9677.jpg

    CIMAHI-Meski hari-hari penyembelihan hewan qurban Tahun 1435 Hijriyah masih cukup lama, yaitu kurang lebih sekitar tiga minggu lagi, namun Pengurus Dewan Keluarga Masjid (DKM) sejumlah RW  dan masyarakat Kota Cimahi sudah mulai berburu hewan qurban ke sentra-sentra penjualan hewan qurban untuk disembelih pada hari penyembelihan hewan qurban tersebut.

    Diantara para pengurus DKM  dan masyarakat tersebut, ada yang sampai mencari hewan qurban sapi ke Desa Cijapati, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung.

    “Kami mencari hewan qurban hingga ke Cijapati, Kabupaten Bandung.  Di sana, sapi untuk keperluan qurban banyak pilihan. Sapi yang dijual di Cijapati adalah sapi lokal,” kata Yus Sutaryadi, pengrus DKM RW 17 Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go,id, Kamis (11/9).

    Warga di RW 16 Kelurahan Citeureup, jelas Yus, setiap tahun selalu melakukan penyembelihan hewan qurban. Hewan yang diqurbankan terdiri dari domba dan sapi. Qurban domba oleh satu orang, sedangkan qurban sapi oleh tujuh orang.

    Dari hasil perburuannya ke Desa Cijapati, menurut Yus, diperoleh informasi bahwa harga sapi qurban tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan harga sapi qurban tahun lalu. Sapi-sapi yang dijual itu, oleh pemiliknya ditimbang dulu. Harga sapi berdasarkan berat sapi yang dihitung dengan harga per kilogram sapi hidup.

    “Untuk qurban tahun lalu, kami juga membeli sapi untuk qurban di Cijapati. Sapi yang sudah memenuhi syarat untuk qurban harganya Rp 35.000/kilogram sapi hidup. Rata-rata sapi qurban yang kami beli beratnya 300 kilogram atau tiga kwintal. Sehingga satu ekor sapi harganya Rp 10.500.000. Sekarang harganya naik menjadi Rp 55.000 per kilogram sapi hidup. Artinya, kalau kita ingin berqurban sapi yang beratnya 300 kilogram, harus mengeluarkan Rp 16.500.000,” katanya.

    “Jika tahun lalu yang qurban sapi untuk tujuh orang dan per orangnya hanya mengeluarkan uang Rp 1.500.000, sekarang bisa naik menjadi Rp 2.400.000,” tambahnya.
    Perburuan hewan untuk qurban tahun 1435 Hijriyah juga dilakukan oleh pengurus DKM dan masyarakat RW 26 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Mereka juga mencari hewan qurban ke Desa Cijapati.

    “Sapi-sapi untuk qurban di Cijapati sudah banyak yang laku terjual. Apalagi sapi dengan berat antara 270 kilogram hingga 300 kilogram, sudah terbilang langka. Soalnya, masyarakat yang berqurban itu, memilih sapi yang beratnya kisaran itu. Mungkin disesuaikan dengan kondisi keuangan,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus