Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Buka Festival Film Bandung Bandung 2014

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9699.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan secara resmi membuka acara Malam Puncak 27 Tahun Festival Film Bandung (FFB) 2014 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu (13/9).

    Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Deddy Mizwar serta berbagai insan perfilman tanah air ini, Aher menyatakan dukungannya akan keberadaan festifal film ini. Dirinya juga menjanjikan akan berkerja sama dengan Televisi Nasional untuk terus ditayangkan secara live terus.

    “Saya atas nama Pemerintah Provinsi dan warga Jabar mendukung supaya FFB ini setiap tahun terlaksana. Dan Alhamdulillah sudah tiga kali kita live di SCTV. Insyaallah yang ke empat, kelima, keenam dan seterusnya akan live,” ujar Aher.

    Dukungan ini disampaikannya karena Jawa Barat, khususnya Bandung merupakan kota pertama lahirnya perfilman di Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah di Kota Bandung ini pertama kali film dibuat di Indonesia, yang berjudul “Loetoeng Kasaroeng”.

    “Jawa Barat, Khususnya Bandung memiliki sejarah yang sangat kuat terhadap perfilman. Sebab kalau melihat sejarah perfilman di Indonesia maka film yang pertama kali hadir di Negara Republik Indonesia yang tercinta adalah film Lutung Kasarung, berasal dari Bandung, Jawa Barat. Jadi sangatlah wajar kalau Bandung ini menjadi pusat seni dan budaya. Mudaha-mudahan FFB mennjadi pertanda, sebuah simbol kebangkitan film di Indonesia,” terangnya bangga.

    Sebagai langkah kongkrit bahwa Pemrpov Jabar mendukung keletarian seni dan budaya di Tanah Air adalah dengan rencana prestisius membangun teater tertutup dengan level yang lebih besar dari Taman Ismail Marzuki, di DKI Jakarta.

    “Kita terus berkomitmen untuk terus memajukan perfilman secara khusus, seni budaya secara umum. Insyaallah kedepan artefak-artefak seni budaya akan kita buat, mudah-mudahan lancar. Mulai tahun ini, tahun depan kita akan membuat sebuah teater tertutup yang cukup besar. Kalau dari besarnya, insyaallah akan lebih besar dari Taman Ismail Marzuki, di DKI Jakarta,” tegasnya.

    Pada malam Puncak pernghargaan ini diumumkan sebanyak 19 kategori yang terdiri dari 11 nominasi. Dan film Soekarno berhasil menjadi Film Terpuji FFB 2014. Sedang untuk Pemeran Utama Pria terpuji diraih oleh Herjunot Ali dalam film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan Ikranagara dalam film Sang Kiai. Pemain Wanita Terpuji Pevita Pearce dalam film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Dan Hanung Bramantyo menjadi Sutradara terbaik melalui film Soekarno. Dan Rima Melati serta Putu Wijaya dianugrahi Lifetime Acchievement Award oleh para juri FFB 2014.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus