Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur : 2014, Sertifikatkan 1000 Tanah Pemprov

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9768.jpg

    BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan di tahun 2014 ini akan mensertifikatkan 1.000 bidang tanah milik Pemprov. Ini ditegaskannya usai menjadi inspektur Upacara dalam peringatan Hari Agararia ke-54, di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat Bandung, Rabu (24/9) . 

    Gubernur mengungkapkan dari sekitar 4.000 bidang tanah milik Pemprov, sampai tahun 2013 baru 1.091 yang bersertifikat. Karenanya bila target ini tercapai akan menjadi pencapaian besar selama 69 tahun Jabar berdiri.

    “Kita punya 4.000 bidang tanah kurang lebih. Yang sudah bersertifikat  sampai tahun 2013 itu 1.091 saja. Nah itu sepanjang Indonesia merdeka, sepanjang Jawa Barat ada, hanya 1.091 bidang tanah. Dalam tahun 2014 kita programkan seribu dalam setahun. Berarti kita ingin mengejar sebuah prestasi, mudah-mudahan masuk rekor muri, Prestasi setahun bisa 1.000 yang hampir sama dengan 69 tahun,” tegasnya. 

    Dalam acara yang dihadiri juga oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Kabiro HPU Jabar Ruddy Gandakusumah, Kepala Kanwil BPN Jabar Rolli Irawan, Gubernur mengatakan hari Agraria sebagai momentum untuk mensertifikatkan seluruh bidang tanah di Indonesia. Menurutnya sertifikat dari BPN merupakan bukti tertinggi bagi seseorang sebagai pemilik tanah.

    “Hari Agraria Nasional dijadikan momentum untuk mengadministrasikan atau mensertifikatkan seluruh pertanahan di indonesia. Karena sertifikat itu adalah bukti kepemilikan yang paling tinggi. Jadi jika seseorang memiliki sertifikat tanah dari BPN ini menandakan kepastian haknya sebagai pemilik tanah tersebut,” ujarnya.

    Selain bukti kepemilikan yang sah, sertifikat juga memiliki nilai ekonomis. Karena sertifikat tanah tersebut bisa menjadi jaminan dalam urusan perbankan. “Tanah tersebut akan bernilai secara ekonomis. Karena sertifikat bisa digunakan sebagai agunan ke Bank dan bermacam-macam yang bernilai ekonomi,” tambahnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus